Walikota Blitar Membuka Kejuaraan Pencak Silat Merebutkan Piala Walikota Cup

Kota Blitar - Lintas Nasional  Pada tanggal 13 September  2024, turnamen Pencak Silat bertajuk Walikota Cup yang diadakan di kota Blitar, resmi dibuka oleh Walikota Blitar . Turnamen Pencak Silat ini diselenggarakan di Gedung Olah Raga Kota Blitar dan diikuti oleh 159 peserta dari berbagai sekolah  di Kota Blitar. Dihadiri Wakapolres, Kadis Pendidikan, Kadispora, Ketua Koni, Kepala BPJS , Camat. 
Sebagai pembukaan turnamen, para peserta Pencak Silat memperagakan gerakan-gerakan dasar dan gaya bertarung yang dikolaborasi dengan tarian. Mereka berdemonstrasi di depan para penonton dan ofisial yang masuk ke dalam juri, yang menjadikan suasana semakin meriah. Terdapat beberapa kategori pertandingan, seperti jurus tunggal, ganda, regu, serta pertarungan bebas, semua kategori tersebut akan dinilai oleh para juri yang sudah berpengalaman di bidang Pencak Silat.
Dalam sambutannya Walikota Drs. Santoso M. Pd mengatakan "Dalam rangka turnamenn ipsi wallikota cup kita berbangga ini warisan nenek moyang diakui unesco ipsi menjadi warisan dunia dan menjadi turnamen dunia , mengapresiasi ipsi menjaga warisan ini, dan akan dibangun lagi sarana olah raga di kecamatan sulorejo"
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan meningkatkan minat dan mengembangkan olahraga Pencak Silat di Indonesia khususnya di Kota Blitar. Selain itu, turnamen ini tidak hanya sebagai ajang pertandingan semata, tetapi juga sarana untuk memupuk nilai-nilai olahraga seperti Fair Play, kerjasama, dan sportivitas.

Tidak hanya berfokus pada aspek kompetitif dalam pertandingan, para peserta juga berupaya menjalin kebersamaan di luar lapangan melalui pertukaran budaya dan pengalaman. Mereka dapat belajar dan memperdalam teknik-teknik dalam Pencak Silat dari satu sama lain, sehingga terjadi pertukaran ilmu yang bermanfaat bagi seluruh peserta, dan sebagai ajang pencarian atelit pecak silat untuk persiapan PON. 
"Terima kasih telah dibangunkan padepokan ipsi serta dukungan setiap kegiatan sampai sekarang , dengan adanya kejuaraan walikota cup ini, dan kapolres yg selalu bekerja sama dengan ipsi kota blitar”ungkap ketua Ipsi Kota Blitar Miskan hadi. 

Turnamen ini diharapkan dapat menginspirasi para pemuda dan masyarakat Indonesia untuk mencintai olahraga serta mengembangkan bakat mereka. Selain itu, diharapkan pula dapat menjadi ajang promosi pariwisata bagi kota Blitar , diharapkan prestasi olahraga Indonesia dapat semakin membaik dan terus berkembang di masa yang akan datang.(Tri)