Tim Bidpropam Polda Jatim Gelar Mitigasi Pelanggaran Disiplin Kedinasan Maupun Non Kedinasan Anggota di Polres Nganjuk

Nganjuk LN.99 – Kapolres Nganjuk AKBP Siswantoro, S.I.K., M.H., bekerja sama dengan Tim Bidpropam Polda Jatim yang dipimpin oleh Kanit Hartib 3 Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim, IPTU M. Marwan Susanto  sebagai pelaksana mitigasi hari ini, Selasa (10/9/2024) menggelar kegiatan Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktiblin) kepada anggota Polres Nganjuk. 
Kegiatan dilaksanakan di lapangan apel Polres Nganjuk dengan diikuti oleh anggota polres dan dan polsek jajaran Polres Nganjuk serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri dengan melakukan pemeriksaan berupa kelengkapan surat senjata, tes urin serta kesiapan anggota di bagian pelayanan masyarakat. 
AKBP Siswantoro menyebut kegiatan mitigasi yang dilaksanakan bersama Bidpropam Polda Jatim ini merupakan penjabaran dari Pemuliaan Etika Profesi Polri sebagai langkah tindak lanjut implementasi program Prioritas Kapolri Transformasi menuju Polri yang Presisi. 

“Mitigasi penting dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh anggota Polri menjaga ketertiban dan kedisiplinan dalam pelaksanaan tugas mereka. Langkah ini tidak hanya mencakup aspek disiplin kedinasan tetapi juga non-kedinasan, seperti kesiapan dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar AKBP Siswantoro. 
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan integritas anggota Polri di Polres Nganjuk, sesuai dengan visi Polri yang Presisi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kanit Hartib 3 Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim, IPTU M. Marwan Susanto mengatakan kegiatan mitigasi pelanggaran disiplin kedinasan maupun non kedinasan anggota bertujuan untuk meminimalisir adanya potensi-potensi pelanggaran personel Polri baik itu disipin maupun kode etik. 

“Pemeriksaan kelengkapan diri dan test urin kepada anggota merupakan bagian dari upaya preventif untuk memastikan bahwa anggota Polri bebas dari penyalahgunaan narkoba dan tetap mematuhi aturan yang berlaku dalam menjalankan tugas. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri,” jelas IPTU M. Marwan.

Selain itu, kegiatan yang kami lakukan hari ini merupakan kegiatan “Check and recheck” dari satuan atas terkait dengan kesiap siagaan dan performa personel yang ada di satuan kewilayahan. 

“Jika ditemukan pelanggaran, nanti kami kembalikan kepada Bapak Kapolres untuk dilakukan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas IPTU M. Marwan.(acha/doc.rilis/emy)