RSUD dr.Darsono Pacitan Gelar Kegiatan Rekam Jantung Secara GRATIS Dalam Momen Peringatan Hari Jantung Sedunia 2024.


Pacitan LN.99 - Seakan tiada henti hentinya  bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh pihak management RSUD dr. Darsono Pacitan. Seperti halnya yang dilakukan kali ini berupa Kegiatan dalam rangka mendukung program ILP(Integrasi Layanana Kesehatan Primer) dan peringatan hari jantung sedunia RSUD dr.Darsono Kabupaten Pacitan bekerjasama dgn PERKI( Perhimpunan dokter spesialis Kardiovaskuler Indonesia)cabang Malang mengadakan kegiatan REVIUW ECG DASAR dalam rangka membantu menegakkan diagnose jantung.

Kegiatan sosial yang dilakukan ini semata mata bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya cek kesehatan secara mandiri. Dalam kegiatan yang berlangsung di pendopo kecamatan Punung hari ini Kamis 05/09/2024 dihadiri dokter dan perawat dari 24 PKM serta diikuti beberapa dokter dan perawat dari RSUD dr.Darsono Pacitan. 
Dalam perjalanannya kegiatan yang bertepatan dengan louncing Pos Bindu  Institusi dan sosialisasi Detak - C merupakan salah satu inisiatif dan inovatif yang sangat berguna bagi masyarakat.Kegiatan itu sendiri dihadiri tidak kurang dari 250 warga masyarakat  terdiri atas ASN dari lintas sektor atau institusi dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan.Yang paling membanggakan adalah peluncuran aplikasi detak - C untuk deteksi penyakit jantung. 
"Kegiatan ini bertujuan untuk meberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih mengenal secara dini gejala penyakit jantung.Dengan gerakan CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik,Diet  sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, Kelola stres), ini sangat membantu dalam mendeteksi secara dini penyakit yang diderita oleh masyarakat.Dengan demikian  kami berharap penyakit koroner ini bisa dicegah dengan pola hidup bersih dan sehat(PHBS" jelas dr.Yordan pada sesi wawancara, Kamis 05/09/2024.

CERDIK  merupakan slogan kesehatan berupa perilaku untuk mencegah penyakit tidak menular(PTM)"Sehat dimulai dari kita, maksudnya dengan perilaku sehat inilah kita bisa menjamin kesehatan diri sendiri.Karena  sebesar apapun usaha dokter dalam menyembuhkan penyakit, kalau tidak dibarengi dengan usaha atau perilaku dari pasien yang tidak peduli terhadap kesehatan diri, hal itu juga akan sia-sia. Untuk itu mari kita peduli terhadap kesehatan diri kita sendiri. "imbuh dr.Iman Darmawan  M.Kes direktur RSUD dr. Darsono Pacitan melalui sambungan medsosnya, Kamis 05/09/2025.

Semarak kegiatan yang berlangsung di pendopo Kecamatan Punung tesebut berupa ecg atau rekam jantung oleh tiem kesehatan dari RSUD dr. Darsono Pacitan secara GRATIS.Bertanggung jawab penuh atas kegiatan ini dari RS adalah dr Ike Dyah Pambayun SpJP. "Dengan kami melakukan pelayanan ecg secara GRATIS ini diharapkan masyarakat akan lebih faham terhadap penyakit tidak menular, sehingga masyarakat akan selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi, meskipun penyakit itu tidak menular. Paling tidak masyarakat akan lebih berhati-hati dalam menjaga pola hidup " jelas dr.Ike Dyah Pambayun Sp.JP. 
Kegiatan ini juga didukung oleh kehadiran beberapa dokter yang sudah berpengalaman yang tergabung dalam PERKI cabang Malang diantaranya dr. Budi Satrijo,Sp.JP(K), FIHA,dr.Ardian Rizal,Sp.JP(K)FIHA,dr.Adhika Prastya Wikananda, Sp.JP dan dr.Yordan Wicaksono Ashari, Sp. JP. 
(Addy.MG)