PEMERINTAH KOTA BLITAR GELAR RAKOR BAKOHUMAS, PERKUAT MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS DI KOTA BLITAR

Kota Blitar - Lintas Nasional99 - Pemerintah Kota Blitar mengadakan Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kota Blitar pada Kamis (12/09) untuk memperkuat manajemen komunikasi krisis di kota tersebut. Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono dan Ketua Bakohumas Kota Blitar Suharyono juga hadir dalam kegiatan tersebut yang digelar di Ruang Integrated System Center, Diskominfotik Kota Blitar.

Priyo Suhartono menyatakan bahwa Bakohumas berperan penting dalam mengelola informasi dan isu di lingkungan Pemerintah Kota Blitar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan meningkatkan kemampuan Bakohumas dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya, informasi yang bagus saja tidak cukup jika tidak dikelola dengan baik, terlebih lagi jika informasi tersebut bersifat krisis.

Sekretaris Daerah juga menekankan bahwa Bakohumas perlu menyampaikan informasi yang tidak hanya informatif, tetapi juga menenangkan bagi masyarakat. Bakohumas harus sigap saat menemui kondisi krisis dengan menghadirkan informasi yang menenangkan dan mengambil langkah konkrit dalam mengatasi sebuah persoalan.

Sementara itu, Wakil Ketua Bakohumas Kota Blitar Mujianto menjelaskan bahwa Rapat Koordinasi Bakohumas rutin digelar setiap tahun dengan tema yang berbeda, dan kali ini tema yang dipilih adalah manajemen komunikasi krisis. Tema tersebut dipilih karena dalam penyelenggaraan pemerintahan seringkali jajaran OPD dan instansi menemui kondisi yang krisis, seperti saat terjadi bencana atau persoalan publik.

Pihak penyelenggara mengundang narasumber Asmono Wikan, seorang praktisi kehumasan dan CEO Humas Indonesia pada rapat Bakohumas tahun 2024 untuk menyampaikan sejumlah materi mulai dari mitigasi krisis, strategi komunikasi krisis hingga tantangan komunikasi krisis. Mujianto berharap agar frekuensi Rapat Koordinasi Bakohumas dapat ditingkatkan menjadi tiga bulan sekali pada tahun depan.(Tri)