Kepala Dinas Kesbangpol Gelar Rakor Kewaspadaan Daerah Menjelang Pilkada 2024

Kota Blitar - Lintas Nasional99 -  Kepala Dinas Kesbangpol kota Blitar menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk meningkatkan kewaspadaan daerah menjelang Pilkada 2024. Pada tanggal 10 September 2024 di Aula Kantor Kesbangpol yang di hadiri Kapolres, Dandim 0808 serta pejabat vertikal,Babinsa Sekota Blitar,Kamtibmas sekota Blitar, serta Polsek ,Koramil ,Kasi trantib kelurahan .Rakor tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan dan pengamanan dalam menghadapi penyelenggaraan Pilkada, yang memerlukan peran serta semua pihak untuk menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.
Dalam rakor tersebut, Kepala Dinas Kesbangpol menekankan pentingnya kewaspadaan dalam menghadapi Pilkada 2024 . Toto Robandrio mengajak semua pihak terkait untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi setiap potensi ancaman yang mungkin muncul, karena tahapan tahapan pemilu sudah dimulai. 

Selain itu, rapat koordinasi tersebut membahas strategi dalam mengatasi segala kemungkinan yang terjadi selama penyelenggaraan Pilkada. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melibatkan aparat keamanan dalam pengamanan selama Pilkada berlangsung.

Menjaga situasi kamtibmas dan meminimalisasi kemungkinan terjadinya tindakan kekerasan atau pelanggaran hukum penting dilakukan dalam pelaksanaan Pilkada. Oleh karena itu, seluruh peserta rakor sepakat untuk menjalankan strategi yang telah disepakati dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesbangpol mengatakan " sejumlah tahapan sudah dimulai dan menjelang tahapan penetapan nomer urut baik pilkada maupun pilgub dan data dan informasi terkait keamanan selama proses Pilkada ,beberapa potensi ancaman yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada, yang tidak diceredai  politik uang, indikasi kecurangan, dan upaya perusakan sarana prasarana atau fasilitas umum "                    ungkapnya

Selain itu, Toto Subandrio  juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada yang sehat dan berdemokrasi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menyebarluaskan informasi yang tidak hoaks atau menyinggung SARA dan berpartisipasi dalam pemilihan dengan sejahtera.

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan menjelang Pilkada 2024, kegiatan seperti ini perlu terus digalakkan dan didukung oleh semua pihak. Hal ini akan membantu menciptakan iklim yang kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis sehingga menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat.(Tri)