Polsek Jatikalen Lakukan Patroli Dialogis Gaungkan Program Cooling System Menghadapi Pentahapan Pilkada Serentak 2024

Nganjuk LN.99 –Kapolres Nganjuk, AKBP Siswantoro, S.I K., M.H., dalam arahannya kepada polsek jajaran pada Anev Kamtibmas minggu pertama bulan Agustus 2024, memberikan perintah agar tiap-tiap satuan untuk menggaungkan Program Cooling System dengan tema “Nusantara Cooling System dan Memelihara Kamtibmas Menuju Pemilu yang Aman dan Sejuk”.

AKBP Siswantoro menjelaskan program “Cooling System” yang dimaksud adalah upaya menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen bangsa sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali.
“Program ini sangat cocok diterapkan dalam situasi menghadapi pentahapan Pilkada serentak 2024 yang sedang berlangsung guna mencegah konflik sosial dan menjaga kondisi keamanan masyarakat. Cooling System merupakan strategi preventif yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan harmonis,” ujar AKBP Siswantoro.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kapolsek Jatikalen Kompol Pariyanto bahwa unit Patroli Polsek Jatikalen yang dipimpin oleh Aiptu Yoga. Dalam patroli dialogis bersama nasabah Bank BRI Unit Jatikalen juga berupaya memberikan pengertian terkait program yang dimaksud, Selasa (13/8/2024). 

“Kami berupaya memberikan pemahaman kepada  masyarakat tentang pentingnya menjaga situasi yang kondusif, terutama dalam menghadapi proses pemilihan umum yang akan datang. Melalui patroli dialogis ini, kami menjelaskan bahwa setiap warga memiliki peran penting dalam menciptakan keamanan dan ketertiban bersama,” ujar Kompol Pariyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Patroli Polsek Jatikalen Aiptu Yoga juga menekankan bahwa Program Cooling System tidak hanya bertujuan untuk mencegah konflik, tetapi juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan toleransi antarwarga. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif, saling menghormati perbedaan, dan bekerja sama dalam menjaga kedamaian lingkungan," pungkasnya.(doc.rilis/emy)#humaspolsekjatikalen