GELARAN PUNUNG FESTIVAL 2024 DIPENUHI BUDAYA DAERAH YANG UNIK

Punung LN.99 - Kegiatan meneriahkan HUT RI merupakan ajang bergengsi  bagi masyarakat Indonesia.Selain itu gelaran seni  dan budaya yang dikemas cantik merupakan ajang pamer budaya sebagai wujud pastisipasi masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI. 
Tahun ini usia Negara Republik Indonesia genap 79 tahun.Pemerintah Desa Punung Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan Jawa Timur merupakan bagian dari NKRI sehingga di tahun 2024 ini PPHBN desa Punung menggelar acara yang seakan tiada hentinya mulai awal bulan hingga donoenghijinh bulan Agustus ini. Kegiatan karnival Punung 2024 merupakan acara puncak yang diselenggarakan oleh PPHBN desa Punung.Bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2024,kegiatan Punung karnival menyedot ribuan peserta untuk ikut ambil bagian di dalamnya.


"Peserta yang terlibat dalam acara Punung karnival ini swaui data yang sudah masuk di PPHBN sekitar 4.300 peserta terbagi batas peserta kelompok dari masing masing dusun serta RT dan beberapa lembaga yang berada di lingkup desa Punung.Lembaga tersbut antara lain lembaga pendidikan serta beberapa organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan juga Perguruan pencak silat ikut nol bagian.Sehingga jumlah peserta bisa bertambah sekitar 5000 peserta. Terima kasih saya sampaikan kepada panitia dan seluruh peserta Punung karnival tahun 2024 ini sehingga acara berjalan sukses" kata Bambang Priyambodo kepala desa Punung, Sabtu 31/08/2024 pada awak media. 
Semaraknya gelaran budaya tersebut semakin meriah tat kala Panitia Festival Rontek Pacitan menyerahkan  Piala kepada Group Rontekkantropus kecamatan Punung.Penyerahan piala sendiri diwakili Asisten 3 atas nama Bupati Pacitan. Dengan didampingi beberapa kepala OPD Asisten 3 memberangkatkan peserta Punung Karnival 2024.
Persembahan budaya dari masing masing kelompok peserta Punung karnival 2024 merupakan representasi dan pengejawantahan budaya daerah. Sehingga tampilan yang disuguhkan sangatlah beraneka ragam dengan segala data cipta masing masing kelompok. "Ini luar biasa! Kegiatan yang berbasis atau skup pemerintah Desa bisa sebesar ini.Atas nama pemerintah kecamatan Punung saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PPHBN desa Punung, atas kerja keras dan kebersamaan yang dibangun, kegiatan Punung karnival 2024 terselenggara dengan sukses dan meriah"kata Pudji Haryono camat Punung usai acara pemberangkatan peserta Punung Karnival 2024.
Ruas jalan nasional Solo Pacitan sebagai saksi betapa suksesnya acara tersebut. Ribuan pasang mata sebagai saksi hidup betapa meriahnya kegiatan ini.Meskipun sempat membuat kamacetan, namun hal tersebut bisa diatasi dengan membuat rekayasa lalu lintas.
Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pejabat pemerintah kabupaten Pacitan, serta anggota legislator kabupaten Pacitan daerah pemilihan 2 yang menambah semaraknya gelaran budaya tersebut.(Addy.MG)