DINKES PACITAN REKOMENDASIKAN CEK KESEHATAN BAPASLON BUPATI WAKIL BUPATI DI "RS LUAR DAERAH".

Pacitan LN.99 - Tahapan demi tahapan pilkada serentak 2024 sudah masuki tahapan pendaftaran bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati. Dan saat ini sudah memasuki tahapan sebagai berkas persyaratan penetapan pasangan calon yang akan berkompetisi pada Nopember 2024 mendatang. 
Sebagai bentuk amanah undang undang, dinas kesehatan kabupaten Pacitan sebagai intitusi yang ditunjuk dalam memberikan pertimbangan dan petunjuk terkait fasilitas kesehatan yang sesui PKPU no 1090 tahun 2024.
"Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan merujuk pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024,sehingga setelah KPU kabupaten Pacitan bersurat kepada Dinas Kesehatan, kami langsung mempelajari dan berkoordinasi selanjutnya kami memberikan rekomendasi fasilitas kesehatan yang sesui dengan PKPU tersebut." kata dr.Daru Mustikoaji kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media. 

Pelaksanaan cek kesehatan bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan akan berlangsung antara tanggal 27/08 - 02/09 2024.Untuk memberikan kepastian dan keadilan dalam melayani cek kesehatan secara menyeluruh Dinas Kesehatan Pacitan merekomendasikan pelaksanaan cek kesehatan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati  ke Rumah Sakit Dr.Moewardi Surakarta "Awalnya ada tiga rumah sakit , yakni RSUD dr Moewardi, RSUP dr Sardjito Yogyakarta dan juga RSUD dr Soetomo Surabaya. Hasil akhirnya Dinas Kesehatan merekomendasikan RSUD dr Moewardi yang dipandang layak sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon. Layak, baik dari sisi radius yang lebih dekat juga ketersediaan peralatan untuk pemeriksaan medis bagi pasangan calon".imbuh dr Daru.


Banyaknya item cek kesehatan yang harus dilakukan oleh bapaslon tersebut sudah selayaknya faskes yang melayani harus benar benar di dukung oleh SDM yang mumpuni dan dengan peralatan yang canggih dan modern untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Pelakasnaan tahapan pilkada Kabupaten Pacitan 2024 sampai dengan penutupan waktu pendaftaran terdapat dua bakal pasangam calon yaitu Ronny Wahyono - Wahyu Saptonohadi dan Indrata Nur Bayuaji - Gagarin. (Addy.MG)