Bangkitkan Semangat Patriotisme Dalam Gelora Pawai Kebangsaan Di Sukorejo Kota Blitar

LINTAS NASIONAL99 - BLITAR  Gelora Pawai Kebangsaan 2024 yang diselenggarakan di Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, ini, diadakan bertujuan untuk membangkitkan semangat patriotisme di tengah masyarakat, terutama di kalangan pemuda. Kegiatan tersebut berlangsung selama pagi hingga sore hari, dengan start depan kantor Kecamatan Sukorejo dan finish Jl. Cemara Kota Blitar, dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak di kota Blitar dan juga masyarakat, Sabtu (24/8/2024).

Pawai yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai elemen di lingkungan masing-masing kelurahan ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan ornamen yang menjadi ciri khas dari masing-masing kelurahan. Tampak semangat patriotisme terpancar dari para peserta pawai yang mengelilingi jalan utama di Sukorejo.

Pawai kebangsaan yang mengusung tema “Semangat Kebangsaan Dalam Kebhinekaan Budaya Nasional Menuju Indonesia Maju” ini menjadikan hidupnya semangat patriotisme.

Anak-anak sekolah dasar juga ikut meramaikan gelar pawai tersebut dengan membawa bendera kecil dan kostum yang mereka gunakan untuk menggambarkan semangat patriotisme. Pawai tersebut berhasil membangkitkan antusiasme warga dan memberikan semangat yang sangat positif di tengah mereka.

Selain itu, sebelumnya kegiatan Gelora Pawai Kebangsaan ini juga dilengkapi dengan beberapa kegiatan lainnya seperti lomba baris berbaris, bazar UMKM produk lokal, serta pertunjukan seni dan budaya. Acara yang merangkai dalam HUT ke 79 Kemerdekaan RI tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting di Kota Blitar, diantaranya Wali Kota Blitar, Santoso, Sekda Kota Blitar, Priyo, Anggota DPRD Kota Blitar, Camat Sukorejo, Jito Baskoro dan seluruh Lurah di Kecamatan Sukorejo.

Menurut Camat Sukorejo, Jito Baskoro, kegiatan yang telah diadakan tersebut sukses dan lancar berkat dukungan serta partisipasi dari seluruh kelurahan dan warga yang terlibat di dalamnya. Ia menyampaikan rasa syukur atas suksesnya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan setiap tahun..

“Tidak hanya memberikan dampak positif bagi semangat patriotisme di lingkungan masyarakat, Gelora Pawai Kebangsaan ini juga berdampak positif terhadap perekonomian lokal. Banyaknya warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut turut memacu roda perekonomian di lingkungan mereka,” ucap Jito Baskoro usai pawai.

Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti Gelora Pawsi Kebangsaan ini, semangat patriotisme dan cinta tanah air di tengah masyarakat akan terus hidup dan berkembang. Hal ini tentu sangat penting bagi upaya membangun bangsa Indonesia yang semakin maju dan sejahtera di masa depan.

“Adanya kegiatan ini menjadi singkronisasi dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang selalu dipegang oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kegiatan ini berhasil mempertemukan masyarakat dari latar belakang yang berbeda-beda untuk bersatu dalam sebuah moment penting yakni perayaan HUT RI ke-79,” pungkas Camat Sukorejo Kota Blitar.(Tri)