Tanamkan Empati Kekeluargaan SMKN 1 Sudimoro Pacitan Canangkan Pendidikan Tanpa Perundungan.

Pacitan LN.99 - . Lembaga pendidikan merupakan bejana pengolah dan pencipta karakter bagi setiap insan yang sedang menempuh pencarian ilmu.Tahun ajaran baru 2024/2025 bagi seluruh lembaga pendidikan sudah dimulai prosesnya guna mendapatkan ilmu dan praktisinya. 
Dalam proses belajar mengajar murid atau siswa tidak hanya dituntuk untuk pandai saja, namun lebih dari itu tuntuan etika dan etitut bagi siswa sangat diharapkan. Karena dengan pendidikan karakter dalam penyelenggaraan pendidikan yang diterapkan langsung bagi siswa maka akan tertanam nilai nilai kepedulian terhadap sesama. 
Salah satu lembaga pendidikan menengah atas di wilayah Kabupaten Pacitan bertekat nenyelenggarakan pendidikan anti perundungan  atau bullyying.Sehingga suasana lingkungan sekolah akan menjadi seperti layaknya tata kelola kehidupan keluarga,sehingga antara anggota sekolah akan tercipa keharmonisan dan kekeluargaan"SMK N 1 Sudimoro berkomitmen untuk menyelenggarakan sekolah anti perundungan sesuai program dinas pendidikan provinsi Jawa Timur.Hal tersebut sudah dituangkan dalam program MPLS dengan penandatanganan konitmen bersama warga sekolah dan diakhiri dengan gelar karya seni teatrikal yang menggambarkan tentang pentingnya anti perundungan di sekolah.Kami berharap penanaman karakter ini juga didukung oleh orang tua/wali murid dalam kehidupan sehari hari di rumah" papar Indra Prastowo kepala sekolah SMKN 1 Sudimoro pada awak media.(24/07/2024) 
Seremonial Apel Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS)yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur berlangsung pada tanggal 15 juli 2024 yang lalu.
Dalam apel melalui zoom metting tersebut ditegaskan bahwa tidak akan ada lagi perundungan  bagi seluruh anggota sekolah.Sehingga hububgan antara anggota lembaga pendidikan dalam hal ini lingkunan sekolah merupakan tempat yang dituntut nyaman dan aman. "Tahun ini SMKN 1 Sudimoro mendapatkan siswa sebanyak 160,itu artinya kita mendapatkan tambahan siswa dati tahun sebelumnya.Sehingga seluruh komponen sekolah juga dituntut lebih profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.Karena penanaman budi pekerti bagi seluruh anggota lembaga sangat ditekankan.Sehingga tidak akan lagi terjadi yang namanya perundungan,dengan demikian tidak akan ada lagi siswa yang merasa minder dan malu serta takut bergaul"  imbuh Indra Prastowo. 

SMKN 1 Sudimoro Pacitan adalah salah satu lembaga pendidikan berprestasi si wilayah Kabupaten Pacitan. Meskipun lokasinya berada diujung timur kabupaten Pacitan dan berbatasan langsung dengan kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo. (Addy.MG)