MPLS SMKN 1 PACITAN KUKUHKAN 544 SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Pacitan LN.99.Masa pembelajaran baru hari ini sudah mulai efektif diberlakukan sesui kalender pendidikan nasional.Berbagai lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga lembaga pendidikan tinggi sudah memasuki proses belajar mengajar. 
Masa pengenalan lingkungan sekolah(MPLS)merupakan tahapan atau program dalam setiap awal tahun pelajaran baru di setiap lembaga pendidikan. Tanpa terkecuali, SMKN 1 Pacitan hari ini melaksanakan kegiatan tersebut yang dipusatkan di GOR belakang yang juga masih satu komplek dengan SMKN 1 Pacitan. 
Dengan berbagai prestasi yang diraih oleh lembaga ini, SMKN1 Pacitan tahun pelajaran 2024/2025 mendapatkan 544 siswa baru dalam penjaringan PPDB 2024/2025, "Alhamdulilalah tahun ajaran baru 2024/2025 ini  SMKN 1 Pacitan mendapatkan 544 siswa yang pada hari ini memasuki MPLS,sehingga siswa akan mengenali lingkungan sekolah dengan segala kondisi dan fasilitas yang ada.Tahun kemarin kita menerima siswa baru sebanyak 425 siswa dan tahun ini kita mendapatkan 544 siswa baru.Peningkatan jumlah siswa baru yang saat ini kita terima merupakan salah satu dampak banyaknya prestasi yang kita raih. Kami juga patut berbangga  hati, atas kerja keras seluruh elemen sekolah dan dukungan masyarakat Pacitan kita bisa mendapatkan semua itu." kata Joko Supriyadi kepala SMKN 1 Pacitan disela sela acara pembukaan MPLS 15/07/2024.
Kegiatan MPLS itu sendiri akan berlangsung satu minggu ke depan, kegiatan yang akan menitik beratkan pada pengenalan lingkungan sekolah dan pengenalan karakter tersebut tidak hanya menerjunkan guru pendamping,melainkan juga akan bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya dari jajaran kodim dan polres Pacitan. 

Seremonial pembukaan MPLS SMKN 1 Pacitan tersebut diawali dengan kedatangan para siswa baru yang berangkat dari kampus barat(SMIK) menuju GOR SMKN 1 Pacitan yang terletak di belakang Gedung utama SMKN 1 Pacitan."Kita selain menanamkan karakter untuk para siswa baru yang mulai hari ini sudah menjadi keluarga besar SMKN 1 Pacitan juga menanamkan sifat tanggung jawab. Dengan teratur para siswa baru yang berjumlah 544 siswa ini berjalan menuju GOR kita. Dengan cara seperti ini penanaman karakter bertanggung jawab kepada diri siswa sudah tertanam.Dan nantinya SMKN 1 Pacitan akan menerapkan sistem pembelajaran Blok. Yaitu satu minggu penuh para siswa akan belajar kejuruan sesui jurusan masing masing dan minggu berikutnya akan belajar mata pelajaran umum lainya."imbuh Joko Supriyadi. 

Apel pembukaan MPLS 2024/2025 secara langsung oleh kepala dinas pendidikan Provinsi Jawa timur di Surabaya dan untuk lembaga pendidikan mengikuti secara zoom yang diikuti oleh seluruh lembaga pendidikan secara serentak.Dengan himbauan sekolah anti perundungan, lembaga pendidikan merupakan kawah candradimukanya siswa salam mengembangkan karakter saling menghormati."Kami meminta dukungan penuh dari orang tua wali murid untuk memberikan dukungan kepada kami guna kemajuan SMKN 1 Pacitan dalam mengemban undang undang guna mencerdaskan kehidupan bangsa.Dalam kesempatan hari juga akan dirangkai akan dengan kegiatan PTA(Penerimaan Tamu Ambalan) sebagai anggota baru pramuka di SMKN 1 Pacitan " pungkas Joko Supriyadi kepada LN.99 biro Pacitan(Addy.MG)