Kearifan Seni Budaya Adat Larung Sesaji di Pantai Tambak Rejo

LINTAS NASIONAL 99 -BLITAR Adat budaya Indonesia mempunyai keanekaragaman yang indah, salah satunya adalah adat larung sesaji di pantai Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto. Keindahan tersebut menjadi warisan bagi masyarakat nusantara yang patut dijaga dan dilestarikan. Memahami arti dan makna dari adat budaya larung sesaji serta menggali keindahan seni budaya adat tersebut.

Upacara adat larung sesaji yang di adakan tgl 9 Juli 2024  di Pantai Tambah Rejo di desa Tambak rejo Kecamatan Wonotirto, di hadiri Camat Wonotirto , Camat Panggung rejo,Wates,Kademangan  dan Kapolsek para Kepala desa.Dan masyarakat sekitar dan pengunjung dari luar kota. 
Larung Sesaji merupakan upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat pesisir di Pantai Tambak Rejo setiap tahunnya. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki dan sebagai permohonan doa agar diberikan keselamatan dan kesejahteraan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Upacara adat ini sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat pesisir yang tinggal di sekitar Pantai Tambak Rejo.
"Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi , hasil laut yang melimpah dan juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya leluhur,” sambutan Bupati Blitar Rini Syarifah yang dibacakan oleh Camat Wonotirto Marhaedra Pudji R. 
Seni budaya adat larung sesaji di pantai Tambak Rejo memiliki keindahan yang sangat unik dan menakjubkan. Hal ini terlihat dari proses upacara maupun pakaian adat  yang dikenakan oleh setiap peserta yang ikut dalam adat budaya ini. Peserta larung sesaji menampilkan tarian tradisional dengan iringan alat musik tradisional, dan menghiasi perahunya dengan aneka jenis bunga dan anyaman. Selain itu, peserta juga mengenakan pakaian tradisional yang sangat indah dan unik.

"Semoga dengan selesainya acara Larung Sesaji ini, Desa Tambak Rejo semakin maju dan warganya semakin sejahtera,” jelas Kepala Desa Tambak Rejo , Surani
Adat budaya larung sesaji merupakan bagian penting dari keanekaragaman budaya Indonesia. Dengan melestarikan adat budaya dipesisir pantai selatan , kita dapat menghargai warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. 
Adat budaya larung sesaji di pantai Tambak Rejo Kecamatan Wonotirto merupakan keindahan seni budaya adat yang menghargai kearifan lokal dan alam. Larung sesaji mempunyai makna dan filosofi yang mendalam serta merupakan bagian penting dari keanekaragaman budaya Indonesia. Dengan cara melestarikan adat budaya ini, kita dapat menghargai warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Teruslah merawat dan melestarikan adat budaya untuk memperkaya keanekaragaman budaya tanah air.(Tri/Adv)