DLH Pacitan Gerak Cepat Angkut Sampah Menuju TPA.

Cicik" Angkutan kami akan kita sesuaikan kebutuhan di lapangan, agar tidak ada penumpukan sampah"
Pacitan LN.99 - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)Kabupaten Pacitan merupakan pemangku kepentingan terkait kebersihan lingkungan. Baik yang berada di tengah kota maupun yang berada dan mencakup fasilitas umum termasuk pasar daerah dan tempat keramaian yang menjadi tanggung jawab pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. 

Kebersihan lingkungan merupakan faktor penting yang harus ditangani dengan serius oleh Organisasi Perangkat Daerah guna menjamin kebersihan dan keindahan kawasan. Terlebih tempat atau fasilitas umum yang selalu menghasilkan sampah,baik sampah organik maupun sampah an organik. 
Keberadaan pasar tradisional yang menjadi wewenang Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan memang tergolong banyak jumlahnya dan besar sekali sampah yang dihasilkan dari proses perjalanan perekonomian.Meskipun demikian tidak ada lelahnya para petugas kebersihan dan pengangkut sampah untuk diproses di TPA (tempat pembuangan akhir).Kegiatan rutinitas pengangkutan sampah menuju tungku atau bank sampah yang dikelola oleh DLH dilakukan setiap hari bahkan setiap saat sesui kebutuhan.
Hal senada disampaikan Kepala DLH kabupaten Pacitan. DLH dalam mengatasi sampah memang harus profesional dan proporsional, "Angkutan kami akan kita sesuaikan kebutuhan di lapangan, agar tidak ada penumpukan sampah, selaian menambah volume atau jam dan jadwal angkutan kita juga menambah tenaga yang bertugas.Sehingga tidak akan terjadi penumpukan sampah di tempat tempat umum terutama di pasar pasar yang dikelola oleh pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.Ibarat kata kami tidak ada kata lelah untuk kebersihan.Namun demikian kami juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk peduli terhadap sampah, agar Adhi Pura tetap kita pertahankan" papar Cicik  Roudlotul Jannah ST,MM kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pacitan 27/06/2024.
Kegiatan angkutan sampah yang diselenggarakan oleh DLH kabupaten Pacitan dapat dibilang sudah bagus, selain armada yang memadahi juga di dukung oleh para tenaga yang profesional.Selain itu penempatan tempat sampah berskala kecil juga ditempatkan bak samaph berupa coentener guna mendukung kebersihan yang diletakkan di tempat tempat yang strategis. "Kita akan selalu berbuat tanpa lelah guna mendukung kebersihan di Kabupaten Pacitan. Bahkan kadang kala kami juga bekerja hingga malam demi Pacitan yang bersih indah sehat dan aman.Terlebih ketika ada event event yang besar yang berpotensi menghasilkan sampah dalam jumlah besar, kami tidak segan segan memobilisasi tenaga kebersihan untuk menyelesaikan keberadaan sampah tersebut." imbuh M. Muslih. ST,MT sekretaris DLH kepada awak media. 
Kawasan yang bersih dan indah adalah idaman bagi setiap insan, sehingga pemenuhan terhadap kebersihan sangat dibutuhkan. Keberhasilan kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun juga merupakan bagian dari tanggung jawab masyarakat.Ratusan armada yang dimiliki oleh DLH kabupaten Pacitan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat guna kebersihan. Dengan hanya koordinaai dengan DLH kabupaten Pacitan masyarakat bisa memanfaatkan armada tersebut guna mendukung even even tertentu. (Addy.MG)