Nama Drs. H. GondoGondo Hariyono, dari Seorang Guru Sederhana Hingga Ikut Mendaftar Bacabup Nganjuk 2024



Nganjuk LN. 99.- Hariyono, M.Si akhir-akhir ini ramai menjadi perbincangan publik. Sosok pria sederhana kelahiran Jombang 4 April 1959 itu digadang-gadang akan maju di Pilkada Nganjuk 2024.



Seperti diketahui, Gondo Hariyono memulai karirnya dari seorang guru yang sederhana. Bisa dibilang jenjang karir Gondo Hariyono cemerlang, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Nganjuk maupun di Kabupaten Kediri. 



Perjalanan Gondo dimulai dari guru di SMPN 1 Pace hingga menjadi legislatif DPRD Nganjuk dan sekarang mendaftar Bacabup Nganjuk 2024.


Pada tahun 1980, karir Gondo Hariyono dimulai dari guru di SMPN 1 Pace Kabupaten Nganjuk, bermodal dari keteguhan hati dan keikhlasan untuk mendidik calon anak bangsa yang berilmu dan berakhlak akhirnya ia mendapat reward dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri saat itu (tahun 2000) untuk menjadi kepala sekolah di SMPN 1 Plosoklaten Kediri hingga 2003.



Kepemimpinan Gondo yang saat itu dinilai memuaskan dan agar keilmuannya dapat diterapkan di sekolah lainnya, maka Gondo dipindahkan ke SMPN 1 Plemahan Kediri pada tahun 2003 - 2005 dan pindah lagi ke SMPN 1 Grogol Kediri tahun 2005-2011 juga sebagai kepala sekolah.



Di SMPN 1 Grogol banyak prestasi yang didapat oleh Gondo salah satunya membawa sekolah di bawah kepemimpinannya mendapat predikat Sekolah Internasional dan dirinya didapuk menjadi ketua MKKS SMPN se-Kabupaten Kediri. Melihat hal itu, Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pendidikan meminta Gondo untuk kembali mendidik di Kabupaten Nganjuk.



Sebagai seorang pendidik yang dituntut untuk mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara, ia bersedia kembali ke Kabupaten Nganjuk walau hanya menjadi guru di SMPN 1 Nganjuk pada tahun 2011 - 2012, bukan sebagai kepala sekolah.



Meski kembali menjadi guru, Gondo dengan pengalamannya, mampu mentransfer ilmunya untuk merubah SMPN 1 Nganjuk yang awal berpredikat Sekolah Bertaraf Nasional (SBN) menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Sementara kemampuan dalam mentransfer ilmunya, Gondo diangkat menjadi pengawas sekolah untuk SMP Negeri dan Swasta tahun 2012 - 2014 lalu diangkat menjadi Sekretaris Dinas (Sekdin) Pariwisata dan Kebudayaan Nganjuk 2014 - 2015.


Gondo Hariyono saat menggelar sosialisasi dengan masyarakat
Selama 34 tahun bergelut sebagai tenaga fungsional kini berganti menjadi tenaga teknis di lingkup Pemkab Nganjuk, dimulai dari jabatan Sekdin Pariwisata lalu Sekdin merangkap Plt Diskominfo 2014 - 2015 baru diangkat menjadi kepala Dinas Pariwisata tahun 2015 - 2017.



Begitu cemerlangnya karir Gondo sebagai tenaga teknis, dengan hanya butuh 2 tahun sudah bisa menjabat eselon 2 (Pejabat Tinggi Pratama) sebagai Kadis Pariwisata yang kemudian Kadis Kominfo dan Plt Dinas Pendidikan tahun 2017 - 2019.



Dengan semboyan hidup untuk pengabdian pada nusa dan bangsa, dirinya mengundurkan diri dari jabatannya dan memilih ikut politik bersama PDI Perjuangan dan membawanya hingga ke kursi DPRD Nganjuk 2019 -2024.



Saat menjadi legislatif, jiwa gurunya (pendidik) muncul saat melihat dunia pendidikan, salah satunya adalah kesejahteraan para guru yang masih jauh dari standar jasa yang diberikan untuk mencetak para generasi bangsa, menjadi alasan Gondo untuk ikut serta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nganjuk.(Emmy)