PILKASUN GEBANG DESA JLUBANG PACITAN JAWA TIMUR POTRET DEMOKRASI SEUTUHNYA


Pacitan LN.99.Keberadaan azas demokrasi menjadikan masyarakat kecil sebagai pelaku demokrasi merasa dimanusiakan oleh sistem dan undang undang. Hal tersebut tercermin dari slogan pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat sebagai makna sistem pemerintahan demokrasi. 
Tatanan kehidupan sebagai cerminan Demokrasi sudah tertanam pada falsafah bangsa yang melibatkan langsung rakyat sebagai penentu arah kebijakan dalam suatu wilayah. 
Seperti halnya yang terjadi di Dusun Gebang Desa Jlubang Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dalam wilayah ini sudah beberapa waktu terjadi Kekosongan pimpinan wilayah yang disebabkan oleh purna tugas. Sehingga dengan segala persiapan yang ada pemerintah Desa Jlubang membentuk panitia dan melakukan penjaringan calon kepala Dusun. 

Wilayah yang hanya terdiri dari 2 RT ini dan memiliki DPT( daftar pemilih tetap)sekitar 140 jiwa,melakukan proses demokrasi secara langsung. 
Gelaran pesta demokrasi tingkat Dusun tersebut berlangsung di satu TPS(tempat pemungutan suara) yang terletak dalam bangunan balai Dusun setempat. Peserta dalam ajang pilkasun(pemilihan kepala Dusun) itu sendiri 2 calon yang berasal dari Dusun setempat. Dengan segala persiapan gelaran pilkasun dilaksanakan pada hari senin tanggal 29/04/2024."Tahapan demi tahapan sudah kita lalui dan sampai hari H ini pesertanya 2 orang. Sehingga pelaksanaan proses penjaringan hingga penetapan calon dan pelaksanaan pilkasun berjalan aman tertip dan tanpa kendala. Karena masyarakat Dusun Gebang adalah pelaku politik yang sudah faham akan politik.Selamat kepada calon terpilih yaitu Pak Didik Distriawan, semoga dengan amanah yang sudah diberikan oleh rakyat kepada Pak Didik, akan membawa Dusun Gebang semakin maju ke depanya.Yang tidak kalah penting ucapan Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh panitia dan masyarakat Dusun Gebang yang telah menggunakan hak pilihnya dengan tanggung jawab dan kedewasaan " jelas Edy Suwikno ketua panitia pilkasun Gebang pada awak media 29/04) 2024
Keberadaan seorang kepala Dusun dalam satu wilayah sangatlah penting.Karena seorang kepala Dusun mempunyai arah kebijakan untuk kemajuan susun itu sendiri. Terlepas apa dan siapa yang memimpin wilayah tersebut namun kehadiran seorang kepala Dusun sangat lah diharapkan warganya dalam membangun wilayah.Selain sebagai pucuk pimpinan tertinggi dalam wilayah/Dusun, seorang kepala Dusun pastinya akan membawa dampak tersendiri bagi kerukunan, kemajuan dan kesejahteraan. "Seorang kepala Dusun sangat penting keberadaanya, sehingga proses demokrasi yang saat ini sedang digelar adalah cerminan niat dan antusias masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya secara dewasa.Dan pemerintah Desa tidak punya kepentingan siapa siapa yang terpilih, karena siapa saja yang terpilih adalah tokoh atau personal yang dikehendaki masyarakat.Dengan selesainya proses pilkasun dan masyarakat sudah menjatuhkan pilihanya kepada Pak Didik  Distriawan, dengan ini saya atas nama pemerintah Desa Jlubang dan atas nama pribadi, mengucapkan selamat dan sukses untuk Pak Didik, selamat bergabung dengan seluruh perangkat desa Jlubang untuk bersama sama membangun Desa Jlubang.Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh masyarakat yang sudah bergandeng tangan untuk mensukseskan pilkasun Gebang ini".terang Budi Prasetya Kepala Desa Jlubang kepada Melasi LN.99 biru Pacitan 29/04/2024.

Dengan mengandalkan sumber daya manusia yang ada di wilayah Dusun Gebang  Desa Jlubang, gelaran demokrasi dengan DPT 140 yang punya hak menggunakan hak suaranya, tingkat kehadiranya sangat tinggi, ini menunjukkan  antusias dan semangat demokrasinya patut diacungi jempol.       
                                                 
  Dari DPT 140 tingkat kehadiran mencapai 101 daftar pemilih tetap. Artinya tingkat kehadiran menjadi sekitar 80%, dengan hasil akhir dari penghitingan suara Calon nomer urut 1 atas nama Didik Distriawan mendapatkan 98 suara, dan calon nomer urut 2 atas nama Zesi Permaingsih mendapatkan 3 suara.Dengan perolehan suara sah tersebut calon terpilih akan dilantik pada tanggal 09/05/2024, " Kalau tidak ada halangan in syaa Alloh acara pelantikan akan kita laksanakan bersamaan dengan pelantikan kepala seksi pemerintahan nanti pada tanggal 09/05/2024, mengingat kita sebagai orang Jawa yang mempunyai perhitungan hari baik sendiri sendiri".pungkas Budi Prasetyo. (addy Gandul)