DLH KABUPATEN PACITAN SIAP KOLABORASI DENGAN MASYARAKAT DALAM MENGATASI SAMPAH



Pacitan LN. 99.Sampah masih menjadi masalah yang butuh solusi tuntas, tidak terkecuali di destinasi wisata. Di tengah pemulihan laju sektor pariwisata, kemungkinan pengunjung akan Bertambah jumlah lebih banyak dibanding tahun-tahun lalu, artinya resiko bertambahnya volume sampah  kemungkinan juga bertambah lebih banyak.
Terkait ini Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan M. Muslih menyebutkan bahwa tempat Wisata memiliki kepedulian cukup tinggi terhadap pengelolaan lingkungan, termasuk permasalahan sampah. "Karena salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat Wisata adalah lingkungan yang bersih dan nyaman " kata sekretaris DLH kabupaten Pacitan pada awak media 24/04/2024.

Saat ini, pengelolaan sampah secara umum di seluruh kawasan objek wisata tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai regulasi yang berlaku. Pada setiap lokasi, menurut Muhslih, telah tersedia tempat sampah dengan jumlah cukup dan terpilah sesuai jenisnya sampah mudah terurai, sampah yang dapat didaur ulang, dan sampah residu. "Pada beberapa titik juga terdapat tempat sampah khusus limbah B3. Tentu saja tempat sampah juga dilengkapi informasi tentang jenis sampah sesuai kategori dengan harapan pengunjung dapat teredukasi dan tergerak untuk membuang sampah secara terpilah."tambah Muslih. 
Sementara itu, langkah pengelolaan sampah juga dilakukan di Tempat Wisata Pantai Klayar,Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Meskioun di tempat tempat wisata bukan menjadi tanggung jawab DLH kabupaten Pacitan, namun DLH akan selalu siap membantu dalam mengatasi menumpuknya sampah pada katagori kedaruratan, "Gangguan atau pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah merupakan tanggung jawab kita bersama, demikian pula dengan kejadian insidental yang disebabkan oleh menumpuknya sampah, apabila DLH diajak kolaborasi dengan institusi, lembaga ataupun organisasi yang membutuhkan bantuan guna mengatasi sampah DLH Kabupaten Pacitan dalam situasi kedaruratan selalu siap. Untuk itu koloborasi kolaborasi dan koordinasi dengan masyarakat sangat kami harapkan,".papar Cicik Roudlotul  Jannah, ST. MM kepala DLH kabupaten Pacitan 25/04/2024 pada  media LN. 99 .(Addy.MG)