GEGURITAN NYAWIJI BERKUMANDANG DI SMKN 1 SUDIMORO DISAAT KABUPATEN PACITAN BERUSIA 279 TAHUN.


Pacitan LN. 99.Kabupaten Pacitan merupakan salah satu wilayah yang merupakan surganya para pelancong. Dengan keindahan pantai nyang tidak dimiliki oleh daerah lain. Sehingga kabupaten Pacitan bisa disebut Balinya Jawa Timur atau yang lebih eksotis lagi dengan sebutan Raja Ampat nya Jawa Timur. 

Semua itu tidak diragukan karena keindahan pantai lokal yang benar benar indah dan memukau para wisatawan manca negara .Belum lagi keindahan Goa yang sudah mendunia, sebut saja Goa Gong yang merupakan Goa terindah se Asia, Goa Tabuhan dan masih banyak lagi Goa Goa yang alami hingga Kabupaten Pacitan disebut dengan istilah kota 1001 Goa. 

Saat ini Kabupaten Pacitan memasuki usianya yang ke 279 tahun. Dengan usia yang seperti saat ini, Pacitan bisa dikatakan matang dalam mengelola daerahnya. 
Kepedulian masyarakat dalam mengisi agenda tahunan ini memang sangat besar, dari mulai pelosok ujung perbatasan wilayah hingga tengah kota penuh dengan kegiatan guna memeriahkan hari jadi Kabupaten Pacitan yang ke 279 tahun. 

Tanpa terkecuali SMKN 1 Sudimoro, meskipun secara organisasi bukan bagian dari pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, namun secara geografis merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Pacitan. Dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Pacitan kali ini SMKN 1 Sudimoro menyelenggarakan  penulisan dan pembacaan  geguritan NYAWIJI bertema keindaham dan kekayaan budaya lokal."Sudah sepantasnya para siswa siswa dikenalkan dan diajari tentang budaya lokal, termasuk geguritan  yang bertemakan keindahan budaya lokal. Sehingga Siwa siswi tidak hanya gandrung budaya modern atau budaya manca negara, namun para  siswa siswi mengenal juga budaya  lokal Pacitan itu sendiri. Dengan mengenal budaya lokal diharapkan semua masyarakat Pacitan tahu persis tentang etika dan budaya. Termasuk geguritan ini, supaya anak anak kita mengenal geguritan atau puisi yang menggambarkan betapa indahnya kabupaten Pacitan dari masa ke masa."jelas Indra Prastowo Kepala Sekolah SMKN 1 Sudimoro 08/02/2024
Mungkin agak aneh ketika siswa siswi SMKN 1 Sudimoro melakukan kegiatan penulisan tentang geguritan, karena selain itu kebiasaan Seniman zaman dulu, hal semacam ini juga kurang diminati generasi milenial. Untuk itu sikap menghargai para seniman terdahulu yang telah membangun Pacitan di aktualisasikan di lembaga SMKN 1 Sudimoro dengan harapan para peserta didik lebih faham akan budaya lokal Pacitan. "Kita saat ini hidup di Pacitan yang sudah indah seperti ini, jadi apa salahnya ketika kita mempelajari sejarah Pacitan melalui tulisan dan pembacaan Geguritan? Lalu kenapa kita mengambil tema gehurita NYAWIJI? Itu semua oenih dengan  makna. NYAWIJI berarti menyatukan, sehingga masyarakat khusunya para anak didik kita harus bersatu dan mempersatukan diri dalam mengisi Pacitan. Selamat ulang tahun kabupaten Pacitan ke 279 Pacitan mrabu rahayu" pungkas Indra Prastowo. 
Kegiatan penulisan dan pembacaan geguritan NYAWIJI itu sendiri dilaksanakan pada hari Kamis 08/02/2024 di lingkup SMKN 1 Sudimoro Kabupten Pacitan.(Addy.MG) 

Pewarta  : Biro Pacitan dock. 
Editor      : Gandul Asmoro