DLH PACITAN PERINGATI HPSN 2024 DENGAN KOLABORASI BERSIHKAN PANTAI PANCER DOOR.




Pacitan LN. 99
.
Sampah merupakan masalah yang krusial yang harus segera mendapat perhatian dan penanganan khusus. Terlebih produksi sampah rumah tangga yang berbasis sampah anorganik yang tidak bisa teruarai oleh bakteri. 
Dalam rangka peringatan HPSN 2024 tahun 2024 dengan tema Kurangi Sampah Plastik, DLH kabupaten Pacitan turun langsung ke kawasan Pantai Pancer Door berkolaborasi dengan siswa siswa serta keluarga besar SMKN 1 Pacitan untuk bersihkan sampah yang ada di kawasan Pantai.

"Sampahmu tanggung jawabmu, sampahku tanggung jawab ku, bersih dimulai dari kita. Itu sebuah ungkapan yang besar sekali maknanya, berkaitan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024 ini, DLH mengajak masyarakat Pacitan peduli dengan lingkungan. Terutama terkait tanggung jawab sampah yang setiap hari semakin menambah masalah dalam kehidupan. Dengan tema kurangi sampah plastik, diharapkan seluruh masyarakat bisa berbuat bijak dalam memilih dan memilah kemasan makanan dan minuman. Usahakan meminimalisir penggunaan tempat makan minum sekali pakai. Salah satu contoh, kita tidak perlu membungkus makanan atau minuman dengan plastik, tetapi kita menggunakan tembler atau wadah yang bisa dipakai berkali kali. Sehingga sampah sampah akan terkurangi. Sekali lagi saya sampaikan dan harapan kita harus berbuat untuk mengurangi sampah terutama sampah plastik, Pacitan Bisa, Bersih, Sehat ,Asri" papar Cicik Roudlotul Jannah, ST. MM kepala DLH  Kabupaten Pacitan 16/02/2024 di kawasan Pantai Pancer Door pada LN. 99.

Keberadaan sampah yang selama selalu menimbulkan permasalahan sosial kadang kala luput dari perhatian masyarakat, sehingga ketika sampah sudah membawa dampak negatif baru masyarakat berkoar koar untuk penanganan. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan selalu berbuat untuk menangani keberadaan sampah., dengan membangun  tempat tempat penampungan sampah dan tempt pemilahan sampah serta pembuatan kompos setengah jadi. Sehingga dampak penumpukan sampah dapat diatasi. (Addy.MG) 

Pewarta     : Biro Pacitan
Editor          : Gandul Asmoro