MOMEN HARI BHAKTI NASIONAL DISDAGNAKER PACITAN ADAKAN KEGIATAN BERSIH PASAR MINULYO


Pacitan LN. 99.Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan mempunyai cara unik dalam memperingati Hari Bhakti Nasional tahun 2024.  
Kalau biasanya peringatan momen nasional identik dengan kemeriahan, namun kali ini momen nasional ini diperingati dengan melakukan aksi nyata Bhakti kepada masyarakat dengan melakukan bersih bersih pasar. 

Aksi nyata yang langsung dikomandani oleh kepala Dinas Perdagangan Dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan Drs. Asep Suherman, MM ini merupakan aksi nyata Bhakti pada negeri dalam skala kecil, namun demikian aksi ini mendapat respon positif dari para pedagang pasar Minulyo.

Tanpa diperintahpun para pedagang banyak yang antusias untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Terbukti ratusan pedagang ikut turun ke lokasi lokasi yang disasar dalam kegiatan ini termasuk membersihkan selokan saluran air.Bukan hanya selokan dan saluran air yang menjadi titik kegiatan, namun rumput  rumput yang tumbuh tidak teratur juga tidak luput carik aksi Bhakti ini. 

Pasar Minulyo merupakan salah satu pusat wisata kuliner pada malam hari di kawasan Pacitan, sehingga lokasi ini sangat mendapat perhatian dari pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. "Pasar Minulyo ini  merupakan salah ikon bagi Kabupaten Pacitan, sehingga sajian bersih dan indah harus tetap dijaga. Bukan itu saja dalam waktu dekat di area kuliner pasar Minulyo akan difasilitasi arena bermain berupa sepeda listrik, yang mana selama ini sepeda listrik berada di Alon Alon dalam waktu ewkat akan berpindah di area pasar Minulyo dan kawasan pancer door. Untuk itu kami berharap dengan nyamanya tempat bermain di pasar Minulyo akan menambah pula keramaian disana sehingga para pedagang khususnya kuliner akan bertambah pula pendapatanya. Dengan demikian visi misi bapak Bupati Pacitan Indrata Nur Batuaji akan tercapai yaitu sejahtera  bersama rakyat".papar Asep Suherman Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan disela sela kegiatan tersebut 26/01/2024.

Pasar Minulyo selain pusat kuliner pada malam hari, pasar ini juga merupakan salah satu pasar tradisional di wilayah kabupaten Pacitan yang sudah dikenal noleh masyarakat luar. Sehingga kenerdaanya sangatlah vital dalam menopang tida ekonomi UMKM. "Aksi Bhakti kali ini merupakan reaksi dan aksi dari pemerintah daerah kabupaten Pacitan karena dengan adanya pasar yang bersih dan nyaman akan membuat para pedagang dan pengunjung merasa betah. Sehingga kesan kumuh akan hilang dengan sendirinya. Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam aksi bhakti ini,dengan adanya pasar yang bersih dan pengelolaan yang bagus saya yakin lingkungannoasar akan nyaman. Dan perlu saya sampaikan kegiatan semacam ini akan kita lakukan setiap 3 minggu sekali. Pacitan nyawiji Pacitan mukti itu slogan yang pas untuk kita gaungkan"tutur  Edie Soesilo, S. Sos, MM kepala bidang Pengelolaan Pasar Daerah kepada awak media LN. 99 Jum'at 26/01/2024.

Peningkatan pendapatan dari pengusaha yang saat ini berjualan di Pasar Minulyo baik pada siang atau malam hari merupakan harapan bagi semua pihak. (Addy.MG) 
Pewarta    : E. Setyo/Addy.MG
Editor        : Gandul Asmoro