Mengenal Trayek Pelepasan Kawasan Hutan di Kabupaten Blitar


Blitar LN. 99.Kabupaten Blitar merupakan daerah yang dihuni oleh beragam jenis tumbuhan dan fauna. Namun, pelestarian hutan di Kabupaten Blitar seringkali terancam akibat pembukaan lahan, illegal logging, dan perambahan hutan. Oleh karena itu, trayek pelepasan kawasan hutan Kabupaten Blitar dianggap sebagai salah satu solusi untuk menjaga kelestarian hutan.

 Pada artikel ini, kita akan mempelajari tentang trayek pelepasan kawasan hutan dan betapa pentingnya terhadap pelestarian hutan Kabupaten Blitar. 
Dilansir dari berbagai laman dan Instagram prokopim Blitar, kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah, OPD, Camat, Kepala Desa, Kepala BPN, dan Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan XI (BPKHTL) Yogyakarta, dan berlangsung di Pendopo Ronggo Hadinegoro, 22 Januari 2024. 
Sebagai wilayah yang kaya akan flora dan fauna, Kabupaten Blitar memiliki kawasan hutan yang luas dan memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Sayangnya, banyaknya ancaman yang mengintai menjadikan pelestarian hutan semakin sulit dilakukan. Salah satu usaha yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar adalah dengan membuka trayek pelepasan kawasan hutan sebagai wujud dari pelestarian hutan.

Apa itu trayek pelepasan kawasan hutan? Trayek pelepasan kawasan hutan merupakan rute yang dibuat dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Blitar agar keluar masuk hutan bisa lebih terkontrol. Ia bertujuan untuk menjaga kawasan hutan dari kerusakan dan pengrusakan, sekaligus memberikan keamanan bagi para wisatawan dan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sekitarnya.
Manfaat trayek pelepasan kawasan hutan Trayek pelepasan kawasan hutan di Kabupaten Blitar memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah menjaga kelestarian lingkungan hidup dan habitat satwa liar. Dengan menerapkan sistem trayek pelepasan, keluar masuk kawasan hutan dapat dikendalikan, sehingga ijin akses dapat diberikan hanya pada lokasi tertentu saja.
 Selain itu, trayek pelepasan kawasan hutan juga membantu memberikan kesejahteraan ekonomi kepada masyarakat sekitar, dengan memberikan kesempatan bagi warga sekitar untuk memanfaatkannya dalam bentuk usaha pariwisata.(jn99 - Dong Rilis Triyono)
Pewarta   : Rilis dock prokopim Kab. Blitar/Triyono
Editor        : Gandul Asmoro