DINAS KESEHATAN KABUPATEN PACITAN SIAPKAN NAKES PROFESIONAL DALAM PELAKSANAAN PIN 2024


Pacitan LN. 99.Dinas Kesehatan merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang vital, karena segala urusan yang menyangkut hajat hidup sehat dimulai dari sarana dan prasarana kesehatan yang memadahi.
Salah satu fase pencegahan terhadap  penyakit polio adalah pemberian vaksin melalui  Pekan Iminasai Nasional (PIN). Penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan merupakan tantangan yang harus segera diatasi. Oleh sebab itu pemberian vaksin polio adalah wajib bagi anak usil 0 - 7 tahun. Tetes polio diberikan secara GRATIS oleh pemerintah untuk itu diharapkan bagi semua orang tua ya g memiliki bayi usia 0 - 7 yang  belum mendapatkan tetes polio untuk segera mendapatkan tetes polio di posyandu atau puskesmas terdekat mulai tanggal  15 sampai dengan 21 Januari 2024 pada putaran pertama"Polio adalah penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kelumpuhan dan cacat seumur hidup, penyakit polio ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin tetes polio dan pola hidup bersih dan sehat(PHBS). Karena kadang kala masih ada orang tua yang berperilaku primitif, yang menganggap sebagaian kelumpuhan pada anak bayi adalah bawaan lahir atau kutukan padahal semua itu hanya mitos belaka. Satu satunya langkah pencegahan kelumpuhan pada anak usia 0 - 7 tahun adalah dengan pemberian tetes vaksin polio"tutur dr. Daru Mustikoaji kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media  08/01/2024.
Pekan Imunisasi Nasional (PIN)tahun 2024 digelar secara serentak di seluruh Indonesi mulai tanggal 15 - 31  Januari 2024 merupakan putaran pertama, yang akan dilanjutkan diputaran ke 2 pada tanggal  19 - 25 Februari  2024 merupakan putaran ke 2.
Bahayanya lagi penyakit polio ini bisa menular, sehingga langkah  pencegahan  harus dilakukan agar tidak terjadi kelumouhan pada anak. "Polio ini bisa menular melalui air atau makanan yang tercemar  oleh tinja yang mengandung  virus polio. Dalam  PIN ini Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan guna menyukseskan PIN ini termasuk tenaga kesehatan yang profesional dan humanis karena yang dihadapi adalah anak anak, selamatkan anak kita dari penyakit polio dan dapatkan pelayanan tetes /imunisasi polio di pos pos PIN terdekat. Jangan sampai kelumpuhan dan cacat seumur hidup menimpa anak kita hanya karena kita enggan mendapatkan  imunisasi polio"imbuh dr. Daru Mustikoaji. 
Pekan Imunsasi Nasional pada Pertama daan kedua nantinya bukan hanya di pos pos ya g telah disediakan namun juga akan menyasar tempat tempat yang memungkinkan adanya kelompok atau mayarakat yang memiliki anak umur di bawah 7 tahun. Suatu misal sekolah dan pasar. Sehingga PIN ini akan sukses yang berdampak positif bagi perkembangan generasi mendatang. (AddyAddy.MG) 
Pewarta      : Addy. MG
Editor          : Gandul Asmoro