BERTABUR KEMERIAHAN DAN KEHANGATAN SMK N 1 SUDIMORO PACITAN BERSAMA WARGA SEKOLAH PERINGATI HARI GURU NASIONAL TAHUN 2023

Pacitan LN. 99.Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Pengabdian seorang guru tidak bisa dinilai dengan besarnya gaji atau adanya tunjangan kinerja. Namun lebih dari itu, seorang guru patut mendapat tempat yang terpuji karena para pendidik bangsa ini mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 
Lebih lebih saat ini lembaga pendidikan dituntut untuk lebih berinovasi dalam pembelajaran yang nantinya akan mencetak generasi yang beretika dan berakhlak pancasilais. Hal itu hanya akan tercipta ketika ilmu para pendidik diterapkan dalam proses belajar mengajar yang berefek terhadap para siswa siswi dalam lingkungan yang harmonis. 
SMK 1 Sudimoro Kabupaten Pacitan adalah salah satu lembaga pendidikan yang berbasis sekolah penggerak. Dengan demikian lembaga pendidikan ini juga bisa dikatakan mempunyai nilai plus meskipun letaknya di ujung timur Kabupaten Pacitan dan berbatasa langsung dengan Kabupaten Trenggalek. Namun lembaga pendidikan ini Mampu menunjukan prestasinya  pada masyarakat. 
Dalam memperingati HGN tahun 2023 ini, SMK N 1 Sudimoro bersama warga sekolah memperingati dengan meriah penuh kegiatan. Acara dimulai dengan melaksanakan upacara dengan menampilkan semua petugas upacara dari bapak ibu  guru pendidik. Sehingga dengan kata lain istilah guru patut digugu dan ditiru(dipercaya dan dicontoh). Nampak suasana yang mengharukan upacara dengan seksama bersama warga sekolah"Selamat Hari Guru Nasional yang ke 78 ,saya sampaikan Terima kasih kepada seluruh warga sekolah atas kolaborasi dan kerja sama yang sudah baik selama ini.Lembaga ini tanpa kerja sama dan peran serta warga sekolah tidak berarti apa apa di masyarakat. Saya berharap kerja sama dan kolaborasi yang sudah terjalin selama ini akan tetap terjaga sehingga lembaga ini akan lebih maju dan lebih berkompeten serta lebih bermanfaat kepada masyarakat. Saya hanya bagian kecil dari lembaga ini sehingga tanpa kebersamaan bapak ibu guru serta warga sekolah maka saya tidak ada artinya apa apa. Mohon ma'af apa bila selama saya ada di lembaga ini banyak kekurangan dan belum bisa mengabaikan diri dengan baik"kata Indra Prastowo, SPd. MPd kepala SMKN 1 Sudimoro sambil mengusap air mata pada acara sambutan pada acara upacara 28/11/2023.
Suasana haru saat upacarapun pecah dengan linangan air mata bahagia dalam memperingati HGN ke 78 ini. Rangakain kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan berdedikasi. Salah satu bentuk dan wujud kepedulian Kepala Sekolah yang juga merupakan salah satu guru penggerak, Indra Prastowo secara pribadi memberikan hadiah kepada GTK(guru tenaga kependidikan) berprestasi dan berdedikasi. "Selamat kepada seluruh GTK yang berprestasi, saya tidak bisa memberikan apa apa atas pengabdian bapak ibu GTK selama ini. Bingkisan ini jangan dinilai sari harga ataupun besar kecilnya. Namun hargailah dengan ketulusan sebagai keluarga"pungkas Indra Prastowo .
Kehangatan dan kemeriahan  seakan tidak ada henti hentinya pada momen peringatan HGN ini, dengan spontan  dan penuh tanda tanya secara tiba tiba bapak ibu guru serta staff kantor (TU)mendapat kejutan dari siswa siswi berupa suguhan pembacaan puisi yang berisi ucapan Terima kasih. Dengan penuh penghayatan dan penuh keharuan lantunan puisi diiringi linangan air mata ratusan pasang mata peserta upacara. Bahkan sesenggukan puisi nampak terdengar terbata bata. 
Tanpa disadari kegiatan upacara yang hari ini sudah selesai, masih ada acara lagi yang tidak kalah penting dalam memaknai hari guru tahun ini yaitu pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh ketua OSIS dan dipersembahkan kepada Kepala Sekolah dilanjutkan pemberian bunga kepada Bapak Ibu Kepala Sekolah dan Guru serta TU. 
Rangkain  penutup dalam. Acara peringatan HGN ke 78 kali ini adalah bersalaman dan penyampaian komitmen bersama antara Kepala Sekolah, Guru dan siswa untuk berkolaborasi  memajukan Sekolah bersama sama.(doc.IP.Addy.MG) 
Pewarta    : E. Setya &Addy.MG) 
Editor        : Gandul Asmoro