TERJADI KESALAHAN PENULISAN PAPAN NAMA KEGIATAN DI DINAS KESEHATAN, INI PENJELASAN dr. DARIU MUSTIKOAJI.


Pacitan LN. 99.Beberapa waktu berlalu muncul statemen dari salah satu netizent melalui saluran medsos yang mengunggah berita adanya penghalangan terhadap keterbukaan informasi publik terkait penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan untuk ukm dan ukp kewenangan daerah kabupaten Pacitan. Kegitan tersebut berada di Puskesmas Pembantu Watu Karung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Dalam unggahan tersebut disentil tidak adanya papan nama kegiatan sehingga terkesan Dinas Kesehatan menutup nutupi kegiatan tersebut yang menggunakan APBD Kabupaten Pacitan tahun Anggaran 2023.


Pada hari itu juga(12/09/2023) media LN. 99 Biro Pacitan konfirmasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dengan harapan bisa mendapat konfirmasi yang jelas terkait kabar tersebut di atas.Melalui pesan medsos Kepala Dinas Kesehatan dr. Daru Mustikoaji yang diteruskan Sekertaris Dinas Ratna Susy Rahayu mengatakan bahwa hal tersebut hanya karena ada kesalahan teknis"Memang hal tersebut benar, bukan tidak dipasang papan nama kegiatan, melainkan ada kesalahan cetak pada papan nama tersebut sehingga setelah dipasang kemudian dilepas kembali untuk pembenahan. Papan nama yang sudah dipasang tertera Puskesmas Pembantu Watu Karung Kecamatan Pacitan dan seharusnya Kecamatan nya itu Pringkuku. Jadi tidak benar kalau Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan sengaja menutup nutupi atau dengan sengaja menghalangi keterbukaan informasi publik. Saat ini kami sudah menghubungi pihak penyediaan barang dan jasa yang mengerjakan kegiatan tersebut untuk mengganti papan nama tersebut dan segera dipasang kembali" papar Ratna Susy Rahayu sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media Senin 12/09/2023.


Kegiatan Rehabilitasi Puskesnas Pembantu Watu Karung yang nenelan biaya Rp. 183.485.000 tersebut guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditingkat desa, sehingga dengan rehab tersebut sarana kesehatan akan lebih terasa nyaman "Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan selalu berupaya dan berusaha untuk selalu meningkat kan pelayanan kesehatan kepada masyrakat. Dengan waktu yang hanya 90 hari diharapkan kegiatan tersebut selesai tepat waktu. Dan terkait masalah papan nama saya sebagI PPK (pejabat pembuat komitmen) mohon ma'af kepada semua pihak, karena ada kesalahan dalam penuliaan papan nama sehingga perlu diganti. Dan pihak penyediaan barang dan jasa sudah meyanggupi untuk memasang kembali papan nama yang sudah dirubah. Mungkin besuk sudah terpasang kembali. Imbuh Retno Wulandari Skm,MPH kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan 12/09/2023.
Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan selalu meningkat kan aarana dan prasarana Kesehatan yang ada si seluruh penjuru Kabupaten Pacitan. Meskipun tempatnya di pelosok pelosok desa kegiatan yang menunjang satana Kesehatan masyarakat selalu ditingkatkan. Bukan hanya guail saja melainkan penyiapan tenaga kesehatan yang handal dan mumpuni juga diterjunkan langsung ke wilayah wilayah guna memastikan jaminan kesehatan masyarakat Pacitan bisa ditangani dengan bagus.. (Addy.MG)
Pewarta : Koresponden
Editor : Gandul Asmoro