PEMKAB PACITAN BERIKAN BERAS GRATIS BAGI KELUARGA SESUAI DATA BANSOS UNTUK MENEKAN HARGA BERAS DI PASARAN


Pacitan LN. 99.Situasi harga beras lokal di tingkat pasar dan pengecer mengalami kenaikan yang drastis. Sehingga membuat masyarakat merasa resah karena melonjaknya harga bahan pokok beras. Selain sebagai bahan makanan utama bagi sebagian besar masyarakat Pacitan juga merupakan bahan untuk berbagai bahan olahan untuk usaha. Dengan meroketnya harga beras lokal yang mencapai level dikisaran Rp. 14.000 - Rp. 15.000/kg menimbulkan keresahan tersendiri bagi masyarakat yang hasil panen padinya sedikit. Sehingga mereka harus membeli beras setelah hasil panen yang habis dikonsumsi beberapa bulan ke depan setelah panen.

 
Beberapa pasar tradisional sudah digelar operasi pasar , diantaranya pasar Arjosari, Arjowinangun dan Minulyo.

 Dengan digelarnya beras dari kerja sama Pemerintah Kabupaten Pacitan dengan Perum Bulog ini bisa menekan harga beras lokal yang beredar di pasaran."Perlu diketahui bagi masyarakat, bahwa harga beras medium dari Bulog dengan kwalitas bagus dijual dengan harga Rp. 10.900/kg.Sehingga untuk menekan harga beras lokal perlu adanya eksen dari Pemerintah Kabupaten Pacitan. Operasi pasar akan kita lakukan mas.. dari tim stabilisasi harga kabupaten sudah disepakati menunggu perkembangan setelah direalisasikan program pemberian beras gratis utk masyarakat. Sesuai data yg menerima bansos. Waktunya info kemarin sekitar minggu depan.. dinas pangan bisa dikonfirnasi. Besar harapan P. Bupati Indrata Nur Bayuaji masyarakat tidak risau karena P. Bupati akan lakukan pemantauan terus, ketika dirasa stok beras menipis maka akan langsung koordinasi dengan Perum Bulog untuk menggelontorkan seberapa banyak yang dibutuhkan oleh masyarakat meskipun harus menggunakan BTT(biaya tidak terduga). Karena itu sudah menjadi komitmen P Bupati Aji untuk menyejahterakan masyarakat Pacitan "jelas Asep Suherman Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan 16/09/2023


Keadaan harga harga kebutuhan pokok saat ini relatif turun, kecuali harga beras lokal. Karena beras sebagai bahan pangan utama ketika terjadi lonjakan harga pasti dengan mudah akan menyebar dan membuat suasana yang lain. Namun juga patut diapresiasi sikap Pemerintah Kabupaten Pacitan atas langkah kongkrit untuk menekan harga beras lokal. (Addy.MG)
Pewarta : Tim
Editor :Gandul Asmoro