KEPEDULIAN KEPALA SEKOLAH SMK N 1 PACTAN TERHADAP SISWA YANG KURANG BERUNTUNG


Pacitan LN. 99.Ditengah era globalisasi yang terus menuntut pelaku dan pemerhati pendidikan untuk selalu tampil di garda terdepan dalam mewujudkan dan mensukseskan wajib belajar 12 tahun bagi generasi muda. Program ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab kita semua. Termasuk dalam pemenuhan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar.

 
Sisi lain dunia pendidikan yang tidak boleh terkesampingkan adalah peralatan sekolah termasuk baju seragam. Hal inilah yang kadang kadang menjadi polemik dan tanya tanya besar.
Hal ini terjadi pada salah satu siswa SMK N 1 Pacitan kelas 11 RPL(Rekayasa Perangkat Lunak). Pada minggu lalu tepatnya hari Jum'at ketika para siswa dan guru serta karyawan melaksanakan sholat Jum'at. Tanpa disadari dan tanpa sengaja Sang Kepala Sekolah SMK N 1 Pacitan melihat salah satu siswanya atas nama Agil Ade Freditya mengenakan seragam pramuka dengan kondisi yang lusuh(kotor penuh dengan noda hitam permanen). Hal tersebut mengetuk pintu hati sang Oemar Bakri ini untuk berbuat sesuatu. "Mohon ma'af bukan bermaksud untuk menutup mata, namun jujur saya tidak tahu kondisi siswa yang mengenakan baju itu. Itu hal yang saya tidak sengaja melihat langsung salah satu siswa saya, serasa menangis dalam hati melihat hal tersebut. Kemudian setelah sholat jum'at selesai siswa itu saya panggil dan saya tanya apakah mau kalau saya beri kain pramuka dan kebetulan saya masih punya kain tersebut. Dan ternyata aiswa tersebut mau, sehingga pada hari ini baru saya berikan kepada siswa tersebut. Pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun seluruh masyarakat punya tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu saya berharap semoga semua masyarakat peduli akan pendidikan tanpa melihat sisi kasta maupun golongan.'kata Joko Supriyadi kepala sekolah SMK N 1 Pacitan kepada awak media LN. 99 biro Pacitan Senin 04/09/2023.
Rasa senang dan bahagia nampak di wajah Agil yang baru saja menerima kain pramuka dari Kepala Sekolah "Terima kasih kepada Bapak Joko yang sudah bwebaik hati memberikan kain seragam untuk saya, semoga bapak Joko akan selalu diberi kesehatan. Sekali lagi saya sampaikan Terima kasih dan saja berjanji akan semakin semangat untuk belajar" kata Agil Ade Fredtya sesaat menerima kain sragam diruang Kepala Sekolah.

 
Lingkungan SMK N 1 Pacitan dapat dibilang megah dengan kondisi yang bagus,dengan deretan prestasi yang sudah di raih sehingga para siswa belajar dengan nyaman dan penuh semangat. (Addy.MG)
Pewarta : Koresponden
Editor : Gandul Asmoro