BUZEM BELIMBING KELURAHAN PUCANGSEWU KEMBALI NORMAL


Pacitan L.N. 99
Diawal bulan september 2023 kembali dinas PUPR membuktikan kinerja penanganan sarana drainase kota Pacitan.Meskipun di hari minggu ataupun hari libur nasional kalau memang ada trobel atau ada hal yang harus dikerjakan maka Dinas PUPR Kabupaten Pacitan tetap semangat untuk mengerjakan dengan semboyan tidak akan berhenti sebelum pekerjaan selesai.
  
Kali ini Buzem Belimbing Kelurahan Pucangsewu Kecamatan Pacitan menjadi sasaran pekerjaan. Normalisasi kondisi buzem dilakukan dengan melakukan pekerjaan galian sedimen hampir setinggi 2 m disebagian besar tampungan buzem. Saat dikonformasi di lokasi pekerjaan Tonny Setyo Nugroho Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum (PLAM) Dinas PUPR Kabupaten Pacitan membenarkan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka normalisasi semua sarana drainase kota Pacitan.
"Tidak hanya buzem ini, kami juga melakukan normalisasi saluran drainase jalan S Parman atau yang lebih terkenal sebagai Kali Kunir. Sedimen yang ada kisaran 50 cm di dasar saluran Kali Kunir. Penggalian dilakukan dengan mekanis yaitu mini excavator dibantu dengan tenaga manual. Progress yang buzem alhamdulillah sudah 100% selesai dan yang kali kunir 60%. Diharapkan oktobet akhir sudah selesai 100%." demikian penjelasan Tonny SN pada awak media Minggu 10/09/2023.


Tonny SN juga menjelaskan konsep SMART DRAINASE yang sedang dikembangkan oleh Dinas PUPR. Diharapkan dengan konsep ini ada indikasi awal potensi genangan sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin khususnya di wilayah kota Pacitan. Saat ditanya lebih detail Tonny SN menyatakan, "Sabar ya mas. ini sedang kita uji cobakan di 1 titik. jika berhasil kita kembangkan disemua saluran drainase kota Pacitan". ujarnya sambil tersenyum(Addy.MG)
Pewarta : Senja Melati
Editor Gandul Asmoro