ALSINTAN MANGKRAK DI DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PACITAN, INI KATA KABID SARPRAS


Pacitan LN. 99.Alat mesin pertanian merupakan salah satu sarana penunjang peningkatan hasil produksi pertanian. Sehingga keberadaan alat ini sangat lah dibutuhkan oleh petani. Dari tahun ke tahun bantuan pemerintah melalaui kementrian pertanian sangatlah banyak. Sehingga petani akan lebih mudah meningkatkan hasil pertanian. Baik melalui pemerintah kabupaten ataupun pemerintah provinsi para kelompok tani juga mendapatkan fasilitas alat mesin pertanian ini.

 
Seperti halnya yang terjadi di Pacitan saat ini.. Alat mesin pertanian dari APBN tahun 2023 masih menumpuk di gudang dinas. Sehingga terkesan mangkrak tak tersalurkan kepada kelompok tani penerima.
Hasil pantauan media LN. 99 biro Pacitan ada beberapa unit bantuan alsintan yang masih menumpuk digudang. Alsintan tersebut diantaranya pompa air, genset, traktor dll. Untuk mamastikan hal tersebut awak media menemui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian namun diarahkan ke kepala bidang sarana dan prasarana. Dalam obrolan singkat kabid sarpras membenarkan adanya barang barang bantuan dari pusat yang belum tersalurkan "Bukanya mangkrak mas, itu semua belum disaluran ke calon penerima karena masih menunggu beberapa barang lagi yang belum datang. Alsintan itu bamtuan pusat tahun 2023 ini. Namun SK nya belum turun sehingga kami juga belum berani membagikan, mungkin bulan ini SK dan jumlah barang yang sudah diusulakn akan segera lengkap dan kami akan segera membagikan kepada kelompok tani. Bukan kami menahan atau mempersulit masyarakat untuk mendapat kan bantuan , namun itu lebih kehati hatian kami agar tidak terjadi kesalahan dan tidak terjadi penerimaan barang secara ganda atau dobel' papar Susilo Budi Kepala Bidag Sarana dan Prasarana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan 19/09/2023.


Pacitan dengan geografis dataran tinggi yang notabene nya sawah tadah hujan memang sangat memerlukan alat bantu untuk meningkatkan hasil pertanian. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten Pacitan dalam mengusulkan sarana dan prasarana pertanian sudah barang tentu menyesuaikan kebutuhan dan kemanfaatan alat tersebut "Bantuan untuk para petani melalui kelompok tani sudahlah kami perhitungkan nilai kemafaatanya, agar tidak terjadi kesalahan dalam perwujudan permintaan tersebut. Selain melakukan study banding atau study tiru bahkan kita juga menggunakan perbandingan dan analisa atas barang yang akan kita uaulkan. Seperti halnya alat yang saat ini sudah datang di dinas meskipun itu bantuan APBN namun juga atas usulan dari dinas kami. Yang pasti jangan sampai terjadi alat tersebut setelah diterimakan kepada petani malah tidak bisa difungsikan karena tidak sesuai dengan medan atau lahan yang akan ditanami" pungkas Dian Anggari Murni ahli muda analis sarpras Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan kepada media LN. 99 Senin 19/09/2023.


Keberadaan alsintan saat ini sangatlah urgent untuk diberikan kepada para petani, karena selain praktis dan mudah hal ini juga mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan hasil pertanian guna pemenuhan kesetabilan ketercukupan bahan pangan. (Addy.MG)
Pewarta : AIE
Editor : Gandul Aamoro