TERKAIT WABAH ANTRAKS DI LUAR PACITAN "dr.DARU MUSTIKOAJI : MASYARAKAT JANGAN RESAH DINAS KESEHATAN KABUPATEN PACITAN BEKERJA 24 JAM NONSTOP


Pacitan LN. 99.Munculnya beberapa kasus antraks di luar kabupaten Pacitan membuat Pemerintah Kabupaten Pacitan khususnya Dinas Kesehatan selalu berjaja jaga dan mengantisipasi dengan berbagai langkah.Dengan demikian perkembangan atau isu antraks yang akhir akhir ini merebak jangan sampai membuat masyarakat Pacitan resah 


Pacitan merupakan wilayah endemi antraks,beberapa wilayah yang melaporkan kasus antraksantara lain puskesmas Sudimoro, Gondosari, Ketrowonojoyo dan Nawangan. "Memang kita akui kasus antraks ini merupakan momok bagi masyarakat Pacitan karena beberapa tahun yang lalu kita pernah terjadi kejadian luar biasa(KLB)namun demikian kami berharap masyarakat Pacitan tidak perlu redah ataupun kwatir atas kejadian ini. Karena Dinas Kesehatan dengan segala alat dan tenaga medis yang ada selalu melakukan tindakan yang profesional, dan sampai saat ini belum ditemukan kasus antraks yang berarti. Sehingga dengan segala kerja sama antar Dinas Kesehatan dan masyarakat yang tetjalin maka kasus antraks di Pacitan kami yakin akan nihil"papar dr. Daru Mustikoaji plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan melalui sambungan medsosnya sabtu 08/07/2023.


Kasus ditemukan dari kunjungan pasien untuk pengobatan yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan epidemiologi ke lapangan.            

             

                                                 Kasus yang antraks yang ada,tidak semuanya didahului dengan kasus kematian hewan namun semua kasus terjadi pada lingkungan yang banyak berada dalam lingkungan ternak"Kasus yang terjadi semuanya tertangani dengan baik. Tidak ditemukan kematian antraks pada manusia.Meskipun demikian mohon kepada masyarakat untuk berhati hati dalam mengkonsumsi maupun apabila berkegiatan yang berhubungan dengan hewan ternak.Sehingga kontak langsung dengan hewan yang mungkin terjangkit antraks bisa diminimalisir' pungkas dr. Daru Mustikoaji.

 
Adanya wabah antraks yang merebak di beberapa wilayah diluar kabupaten Pacitan sedikit banyak mengusik ketenangan masyarakat Pacitan, namun semua itu bisa ditepis oleh kejadian kejadian yang mengarah pada kasus antraks namun setelah dilakukan pengecekan ternyata itu bukan antraks. (Addy.MG)
Pewarta :Ragil & Dodik
Editor : Gandul Asmoro