MENJELANG HARI RAYA QURBAN DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PACITAN LAKUKAN CEK KESEHATAN HEWAN DI PASAR PON.


Pacitan LN. 99.Untuk mengantisipasi adanya penyakit pada hewan yang akan digunakan sebagai hewan qurban pada hari raya idul adha 1444 mendatang Dinas Pertanian Kabupaten  Pacitan melakukan cek kesehatan hewan yang masuk pada pasar  pon Kabupaten Pacitan.


 Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan yang ada di Pasar Pon Pacitan karena biasanya menjelang hari raya qurban seperti saat ini banyak hewan yang berdatangan untuk diperjual belikan. "Kami melakukan cek pada setiap hewan yang masuk ke Pasar Pon ini untuk memastikan bahwa hewan-hewan ini bebas dari berbagai penyakit, diantaranya PMK, antrak atau sejenisnya. Hari ini dari Dinas pertanian mengerahkan petugas kesehatan hewan guna memastikan bahwa semua hewan yang ada saat ini sehat bebas dari berbagai penyakit. jadi sebelum hewan masuk ke area pasar kita lakukan screning dan penyemprotan sehingga hewan-hewan itu benar-benar sehat. Menjelang hari raya qurban, pagi hari ini ada sekitar 300 ekor sapi dan sekitar 800 ekor kambing yang dibawa oleh pedagang hewan. Alhamdulillah sampai siang hari petugas kesehatan hewan tidak menemukan hewan yang sakit. Sehingga sampai detik ini kami bisa pastikan dan menjamin bahwa  hewan-hewan  yang diperjual belikan di Pasar Pon ini sehat semua" jelas drh. Kus Handoko kapala bidang peternakan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Pacitan pada awak media 11/06/2023.


Nampak bejubel para penjual dan pembeli hewan ternak pada hari ini karena selain menjelang hari raya qurban juga bertepatan hari Minggu.
Kegiatan pencegahan berbagai penyakit hewan sudah dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan secara periodik sehingga penyebaran penyakit pada hewan ternak dapat dicegah dan diatasi secara dini. "Perlu saya sampaikan bahwa PMK (penyakit mulut dan kuku) di Pacitan relatif aman data terakir yang kita punya hanya ada 3 ekor sapi yang treserang PMK, itupun sudah mendapat penanganan intensif sehingga ini tinggal menunggu sembuhnya. Dengan kata lain hewan ternak Pacitan baik sapi ataupun kambing aman dan sehat untuk dijadikan hewan qurban. Sehingga hewan ternak dari Pacitan bisa dibawa  ke luar wilayah secara aman karena nanti kita juga akan siapkan dokumen kelayakan nya. Harapan kami masyarakat tidak perlu was-was atau tidak perlu kawatir akan kesehatan hewan ternak yang ada di pasar-pasar wilayah Kabupaten Pacitan. "papar Tjahjo Adhi Sukmono, S. Pt, MM plt kepala dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Pacitan di lokasi pasar pon Pacitan(11/06/2023)

 
Meskipun hari raya idul adha tinggal menghitung hari namun perkembangan harga hewan ternak belum mengalami peningkatan yang siknifikan. Mungkin sebagaian masyarakat masih ragu ragu untuk membeli hewan ternak. Namun
Dengan adanya langkah dari pemerintah guna menjamin kesehatan hewan ternak masyarakat tidak perlu lagi kawatir. (E.Setyo)
Pewarta      :Addy.MG
Editor          :  Gandul Asmoro