BERSAING DALAM PRESTASI SDN KALI KUNING 1 PACITAN BERTABUR EXTRAKURIKULER


Pacitan LN. 99.Bukan rahasia lagi bahwa lembaga pendidikan  saat ini berlomba lomba dalam menyuguhkan kreatifitas lembaga guna mendongkrak prestasi dan popularitas anak didik lembaga tersebut. Apalagi saat ini banyak bermunculan lembaga pendidikan berbasis swasta yang menjanjikan segudang kegiatan guna meraih simpati  para calon siswa.
Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya, mungkin pepatah ini  pas jika disondingkan dengan lembaga pendidikan negeri yang ada di wilayah Kecamatan Tulakan  Kabupaten Pacitan. Sekolah Dasar Negeri 1 Kalikuning  yang saat ini menampung sekitar 90 peserta didik adalah salah satu lembaga pendidikan kebanggaan masyarakat Kalikuning.                            Selain memiliki gedung dan ruang kegiatan belajar mengajar yang memadahi, lembaga ini menyelenggarakan kegiatan extra kulikuler yang  bagus. "Dengan segala keterbatasan kami dan dengan semangat  kebersamaan, kami dan seluruh tenaga yang ada pada lembaga kami menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa memberikan  ketrampilan dan tata pembelajaran sosial. Yang paling besar adalah peran orang tua wali murid dari anak anak didik kami. Sehingga kegiatan ini sangat di dukung sepenuhnya oleh masyarakat"Tulus Wardoyo, SPd Kepala Sekolah SDN 1 Kalikuning kepada LN. 99 biro Pacitan Senin 20/03/2023


Dengan visi Terwujudnya SDM yang beriman, bertaqwa, berbudaya, berprestasi trampil dan berwawasan lingkungan sekolah lembaga Pendidikan  ini menyelenggarakan extra kulikuler berupa TPA, Durror, Pramuka dan masih ada lagi rencana ektra lainya. Sehingga semakin meyakinkan masyarakat dalam pelayanan pendidikan kepada anak didik. Terlebih sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru dan penerimaan peserta didik baru. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh SDN 1 Kalikuning  yakin akan mendapatkan siswa  yang memuaskan"Kami meminta do'a restu serta dukungan dari semua pihak agar lembaga kami akan mendapatkan siswa yang memcukupi. Meskipun saat ini banyak lembaga swasta yang menjanjikan berbagai keunggulannya  namun kami yakin hal ini mampu kami lalui. Dalam ini kami punya missi mewujudkan peningkatan keamanan dan ketaqwaan melalui pembelajaran pendidikan agama islam secara intensif dalam kegiatan intrakulikuler maupun extra kulikuler. Meningkatkan sekolah sebagai pusat pendidikan, kebudayaan ketrampilan dan berwawasan lingkungan sekolah. Meningkatkan pembelajaran yang menekankan pada pengamalan Pancasila melalui pembiasaan pembiasaan yang intensif. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik serta mutu lulusan yang berdaya saing tinggi. Mewujudkan lingkungan sekolah yang lindung,  sejuk dan indah. Dengan demikian  kami akan selalu  berusaha demi kemajuan anak didik kami"pungkas Tulus Wardoyo, SPd.

 


Perlu dicatat bersama meskipun Lembaga SDN 1 Kalikuning memiliki sarana dan prasarana yang bagus tetapi masih memerlukan sarana pendukung lainya yaitu Ruang UKS dan piranti modern berupa laptop untuk mengakomodasi semua kebutuhan dalam hal mengelola administrasi sekolah. Dan  ini perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan (Gatot)


Kontibutor  ; E. Setyo
Editor Gandul Asmoro