TERKAIT PILBUP MUNGKINKAN MITOS PACITAN 2024 TERPECAHKAN?


Pacitan LN 99.Dengan terbitnya UU No 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas  UU nomer 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No. 1 tahun 2014  tentang pemilukada. Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) Kabupaten Pacitan tinggal dua (2) tahun lagi, kedai kopi di ujung jalan terlihat para tokoh politik menggunjingkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati 2024 nanti. Rumor terus bergulir menjadi ajang perdebatan yang ditengarai kurang harmonisnya dalam menjalankan roda pemerintahan akhir - akhir ini. Karena ada rumor bahwasanya saat ini hubungan antara Bupati dan wakil Bupati Pacitan ditengarai kurang harmonis  sehingga banyak menimbulkan opini dan spekulasi pada pemilukada 2024 mendatang.

 
Memang kalau kita menengok ke belakang  tentang hubungan antara Bupati dan Wakil Bupati Pacitan era era sebelumnya juga mengalami kurang harmonis namun itu sebatas rumor atau kenyataan kita juga belum tahu.


Hal senada diungkapkan oleh seseorang yang tidak mau disebutkan identitasnya. Beliau adalah salah satu pelaku kejawen atau seseorang yang mempunyai kelebihan dibidang spiritual,beliau juga tinggal di Pacitan"Pacitan itu  daerah yang unik, mengapa saya katakan demikian karena ada mitos bahwa seorang wakil  bupati yang ingin maju sebagai Bupati sedangkan Bupati juga ingin maju lagi , maka sang wakil bupati yang ingin naik tahta itu pasti gagal. Karena sudah menjadi mitos, hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi pola pikir para masyarakat bawah. Namun saya yakin hal tersebut juga tidak serta merta terjadi, karena mitos itu akan terpecahkan tatkala seorang wakil bupati yang ingin maju Bupati mempunyai kemampuan linuwih atau memang dikehendaki rakyat. Lepas  partai apa yang mengusung, saya yakin mitos itu bisa terpecahkan asalkan ada usaha dan kemauan"jelas nara sumber pada satu kesempatan pada media LN. 99 Biro Pacitan.

 
Seiring hingar bingarnya tahapan pemilu legislatif, tim investigasi LN. 99 biro Pacitan menemui wakil bupati Pacitan Gagarin, namun berhari hari belum juga bisa bertemu dengan sang wakil bupati. Pada kesempatan yang tidak diduga akhirnya kami berhasil bersua dengan beliau dan sempat kami tanyakan tentang niatan beliau untuk maju sebagai Bupati Pacitan 2024" Kita ikuti saja prosesnya biar waktu yang menjawab. Saya tidak mau mendahului kehendak, saya juga tidak mau berstatemen yang berandai andai. Saat ini saya fokus mendampingi beliau Bupati dalam mengemban amanah rakyat hingga 2024.Pileg saja belum kok mikir pilbub? Kita lihat saja hasil pileg nanti, baru kita bicara tentang pilbub. Namun bisa saya sampaikan pemikiran saya dulu belum tentu sama dengan pemikiran nanti dalam pilbup 2024.Ini politik, setiap saat bisa berubah, ini Pacitan daerah yang unik. Yang jelas keputusan ada di tangan rakyat demi Pacitan yang lebih maju. "Papar Gagarin wakil bupati Pacitan dari partai Golkar pada jum'at 03/02/2023.


Dalam perjalanan tim investigasi banyak bertemu  berbagi komunitas yang rata rata mengenal sosok Gagarin sang wakil Bupati Pacitan periode 2019/2024.Dan rata rata mereka menghendaki beliau maju sebagai calon bupati Pacitan mendatang.
Kembali pada topik awal, mungkinkah mitos Pacitan ini terpecahkan? Kembali sang pelaku kejawen ini melakukan meditasi dan memberikan uraian hasil meditasinya kepda LN. 99 Biro Pacitan "Ini hanya wangsit atau petunjuk yang saya terima bahwa pada pemilihan Bupati Pacitan 2024 nanti akan ada persaingan yang ketat antar tokoh tokoh lokal Pacitan dan tokoh tokoh nasional. Pacitan mempunyai tokoh lokal yang bagus, diantara  Mas Aji, P. Gagarin, P. Ronny Wahyono, Bu Luky Indartato,P.Yudi Sumbogo ,P.Budi Hari santoso (BHS)yang punya keahlian di bidang insfrastruktur jalan dan lain sebagainya, tinggal beliau beliau ini mau dan mempunyai nyali untuk maju tidak? Karena Pacitan itu meskipun tokoh lokalnya banyak, kompetitornya tingkat nasional. Kembali pada wisik /petunjuk yang saya terima, selama ada kemauan dan keberanian dari para tokoh lokal Pacitan saya yakin mitos itu  akan terpecahkan.Namun lain ceritanya jika tokoh tokoh itu tidak punya nyali untuk maju.Karena koalisi kemarin antara Demokrat dan Golkar  sangat harmonis, tapi mungkinkah koalisi itu akan langgeng? Hanya waktu dan para elit politik yang bisa menjawab'"pungkasnya.


Dinanika politik di Pacitan saat ini masih dalam kategori adem ayem, karena jujur harus diakui bahwa Pacitan merupakan kandangnya mercy dengan kata lain Pacitan adalah barometer nya Demokrat partai berlambang bintang mercy besutan SBY yang asli putra daerah.Sehingga orang Pacitan kalau harus berpaling dari Demokrat juga berat.Karena ada semacam filosofi politik balas budi kepada P. SBY yang sudah mempunyai andil besar dalam pembangunan Pacitan. (Bersambung..... Addy. MG)