ATR/BPN /KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PACITAN LAKSANAKAN "GEMAPATAS" DI WILAYAH KECAMATAN PUNUNG


Pacitan LN. 99.Pemerintah selalu hadir dalam setiap detak nadi kehidupan masyarakat, baik lahir maupun batin. Salah satunya adalah bentuk nyata dari kementrian ATR/BPN  dalam mewujudkan keabsahan bidang tanah pada masyarakat melalui program PTSL.   


GEMAPATAS (Gerakan Masyarakat  Pemasangan Tanda Batas) juga merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap(PTSL) terintegrasi tahun 2023.Hal ini sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional no. 6 tahun 2018 tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap. Dimana  terdapat proses pengumpulan data fisik, yang mana sebelumnya pelaksanaanya dilakukan pemasangan tanda batas.


Kegiatan GEMAPATAS  yang  ada di Kabupaten Pacitan dilaksanakan secara simbolis oleh  kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan Ir. Ahmad Syaikhu, MM pada  jum'at tanggal 03/02) 2023 di pendopo /balai desa Sooka Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. "Ini bentuk nyata dari kementrian ATR/BPN dalam mewujudkan kelegalan atas kepemilikan bidang tanah kepada nasyarakat. Sehingga  dengan adanya batas tanah yang syah maka masyarakat akan lebih mudah dalam mengawasi  bidangnya  masing masing dan diharapkan tidak ada lagi masalah batas tanah antar masyarakat. Pada tahun ini Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan akan melakukan atau mentargetkan pengukuran tanah milik masyarakat sebanyak 50.000 bidang dan yang akan terbit sertipikatnya sebanyak 29.773 bidang. Dan BPN akan selalu mendorong masyarakat untuk mensertipikatkan tanahnya agar supaya secara hukum sudah kuat kepemilikanya.Untuk itu melalui GEMAPATAS ini kami sebagai kepanjangan  tangan pemerintah dalam menjalankan program PTSL berharap masyarakat akan tergugah untuk segera mengambil kesempatan ini untuk ikut serta dalam program PTSL" papar Ir. Ahmad Syaikhu MM kepala Kantor Pertanahan  Kabupaten Pacitan pada LN. 99  biro Pacitan.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Forkopimda  serta perwakilan kelompok Masyarakat yang mendapatkan program PTSL. Tidak ketinggalan beberapa kepala wilayah turut hadir dalam acara tersebut termasuk kepala Desa Sooka Eko Wahyudi AMd.
GEMAPATAS sendiri dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 03/02/2023 yang berpusat di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. Kegiatan ini baru pertama kalinya dilakukan pemasangan patok batas tanah secara serentak sebanyak 1 juta patok di seluruh Indonesia .


Bupati Pacitan sangat merespon  dan apresiatif terhadap kementrian ATR/BPN khusunya Kantor Pertanahan Pacitan yang selalu siap sedia dan membantu masyarakat dalam melegalkan  kepemilikan tanahnya"Terima kasih kami sampaikan kepada BPN ulang selalu hadir di tengah masyarakat dalam mengurus tanahnya, terlebih dalam program PTSL ini masyarakat akan merasa terbantu sekali. Kami berbarap kepada masyarakat yang menerima program ini harus mau memanfaatkan sebaik baiknya karena selain biayanya murah juga prosenya sangat cepat sekali. Karena program ini tidak bisa berjalan tanpa dukungan masyarakat."jelas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

 
Sebagai informasi pada tahun 2023 ini Kementrian ATR/BPN mendapat target mendaftarkan bidang tanah sebanyak 10 juta bidang. Untuk itu  diharapkan masyarakat dapat pro aktif dalam menerima program ini. Sehingga masyarakat bisa menjaga batas kepemilikan tanahnya atau menjaga patok dari bidang tanah miliknya. (Addy.MG/Gandul/