Melalui Gotong Royong, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Wujudkan Lingkungan Bersih.

                                            Pacitan LN. 99.Dalam upaya mengantisipasi bahaya banjir, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan, bersama masyarakat melaksanakan pembersihan sampah di bendungan sungai yang berada di Dusun Sedayu, Desa Kembang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan pembersihan tersebut merupakan langkah antisipasi yang dilakukan oleh TNI-Polri bersama masyarakat untuk membantu Pemerintah Daerah, sebagai upaya pencegahan terhadap bencana banjir, yang disebabkan oleh tumpukan sampah.

Untuk itu, personil gabungan antara TNI-Polri bersama   masyarakat, berinisiatif melakukan gotong royong dengan membersihkan sampah dan ranting kayu yang menumpuk dan menghalangi aliran air sungai.

Dalam keterangannya di lapangan, Serda Widodo Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan mengatakan bahwa, kegiatan pembersihan tersebut bertujuan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir saat hujan deras di wilayah Pacitan.

"Jika debit air sungai naik, apabila tumpukan sampah tidak dibersihkan akan menghambat aliran air sungai, sehingga akan berdampak pada lingkungan sekitar, salah satunya banjir", ujar Babinsa saat berada di lokasi.

Kemudian, ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

"Jangan membuang sampah sembarangan di sungai, untuk menghindari pencemaran lingkungan, agar kelestarian lingkungan beserta ekosistemnya tetap terjaga dengan baik", terangnya.

Melalui kegiatan gotong royong, harapannya mampu meningkatkan kebersamaan antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah serta masyarakat, untuk bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya Kab. Pacitan.(tim -Addy. MG)